Berita

Tiga Cara Temukan Ide Bisnis dari Rutinitas Hidup


JAKARTA, alumniITS -  Tidak semua ide bisnis datang dari pemikiran yang rumit, terkadang ide tersebut datang saat mencermati hal-hal yang terjadi di sekeliling kehidupan sehari-hari.

Salah satu pengusaha sukses yang menemukan ide bisnis dari kehidupan sehari-hari adalah Walt Disney. Ide Disney untuk membangun Disneyland Magic Kingdom muncul saat sedang liburan keluarga mengunjungi Tivoli Gardens, salah satu taman tertua di Eropa.

Disney kemudian berambisi untuk membuat hal serupa di California, dengan versi yang lebih besar dan lebih baik. Walt Disney berhasil menemukan ide bisnis dengan memperhatikan peluang dalam keseharian.

Ide bisnis dan inovasi tidak muncul dengan sendirinya. Dengan berpikir, belajar untuk memenuhi apa yang dibutuhkan orang lain, anda akan dapat menemukan berbagai ide bisnis cemerlang.

Berikut tiga tips untuk menumbuhkan ide bisnis dari mengamati kehidupan anda sehari-hari, dikutip dari Entreprenur.com:

1. Buatlah daftar peluang

Perhatikan kembali berbagai pengalaman anda dalam mengerjakan pekerjaan, apakah ada pekerjaan anda yang harus diselesaikan karena terbentur masalah?

Juga perhatikan masalah yang dihadapi orang lain serta tulis juga cara mengatasinya secara efektif. Setiap masalah orang lain merupakan kesempatan potensial untuk ide bisnis.

2. Berburu ide di berbagai tempat

Seperti Walt Disney, anda mungkin dapat menemukan ide bagus dalam bisnis ketika sedang berlibur atau dalam sebuah pameran.

Ide-ide tersebut membutuhkan kreativitas dan kebaruan agar konsep bisnis Anda berbeda dengan yang lain.

3. Perhatikan bagaimana orang lain memecahkan masalah bisnis

Dalam situasi apapun, Anda akan dikelilingi oleh berbagai masalah yang juga masalah orang lain. Perhatikan bagaimana orang-orang tersebut memecahkan masalah dan belajarlah dari mereka.

Perhatikan bagaimana toko-toko mengatur persediaan barang, atau bagaimana laman Amazon.com meningkatkan jumlah pembeli.
Anda mungkin dapat menemukan cara yang lebih baik dalam memecahkan masalah yang sama atau inspirasi untuk memecahkan masalah yang berbeda.

“Anda dapat meminjam, menggunakan dan mengembangkan ide orang. Jika Anda mengembangkan mental memecahkan masalah, maka Anda dapat membuka mata untuk mendapatkan ide bisnis yang ada di kehidupan sehari-hari,” kata penulis buku The Hunter Idea, Andy Boynton. (endy – [email protected])