Sambutan Ketua Umum

Dinamika pembangunan di Indonesia terus bergerak dan secara perlahan membawa Indonesia menuju jajaran negara terkemuka di dunia. Sebagai negara yang mendapatkan anugerah Sumber Daya yang melimpah, baik Sumber Daya Alam maupun Manusia, maka sudah sepatutnya dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran dan kemajuan bangsa Indonesia. McKensys memperkirakan di tahun 2045 atau setelah 100 tahun Indonesia merdeka, skala perekonomian Indonesia sudah menduduki peringkat 5 dunia dibawah China, Amerika Serikat, India dan Jepang.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah salah satu perguruan teknologi terbaik di Indonesia dan telah menghasilkan 100.000 lulusan dan tersebar diberbagai bidang pengabdian. Dalam konteks tersebut, maka Alumni ITS memiliki potensi yang besar untuk turut bersinergi membangun Indonesia. Ikatan Alumni ITS (IKA-ITS) sebagai wadah satu-satunya tempat berhimpun Alumni ITS yang memiliki struktur kepengurusan di tingkat pusat, Pengurus Wilayah dan Komisariat Jurusan yang didukung oleh badan-badan otonom harus mampu menjadikan organisasi IKA ITS yang mampu menjawab tuntutan jaman, senantiasa berkontribusi bagi pembangunan di Indonesia, mendukung/memfasilitasi kebutuhan alumni maupun turut meningkatkan kualitas pendidikan di kampus ITS.

Sebagai perguruan tinggi yang didirikan dan diresmikan oleh Bapak Proklamator Ir Sukarno pada tanggal 10 Nopember 1960, maka ITS dan tentu saja Alumni ITS mewarisi nilai dan semangat perjuangan, untuk terus berjuang dan mengabdi untuk bangsa Indonesia.

Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITS (PP IKA ITS) periode kepengurusan 2015-2019 memiliki Visi dan Misi :

MISI

IKA ITS sebagai organisasi alumni yang kuat dan modem, menjadi rumah bersama alumni ITS yang saling bersinergi untuk kejayaan Bangsa dan Negara Republik Indonesia.

VISI

  1. Memperkuats oliditas dan kebanggaan sebagai alumnilTS.
  2. Memperjelas peran dan fungsi, serta meningkatkan kapasitas organisasi IKA ITS di tingkat pusat wilayah, komisariat jurusan dan badan otonom agar senantiasa dinamis dan mampu berperan aktif sesuai tugasnya
    sebagaimana amanah AD-ART IKA ITS.
  3. Memberikan tempat dan mensinergikan seluruh potensi alumni ITS di semua bidang untuk kemajuan alumni, almamaterdan bangsa.
  4. Mendorong lahimya generasi baru Alumni ITS yang siap berkompetisi di tingkat ASEAN seiring dengan
    pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN.
  5. Memfasilitasi dan mendorong gagasan, kreativitas dan inovasi alumni ITS dan mempromosikannya agar dapat diimplementasikan agar memberikan kontribusi positif bagi masyarakatdan negara.
  6. Mendorong kolaborasi yang lebih kuat antara Alumni ITS dan Kampus ITS agar mampu meningkatkan kualitas ITS sebagai PTNBH yang secara tidak langsung akan memberikan input berupa kualitas alumni ITS yang berdaya saing.
  7. Memberikan dukungan kepada ITS untukmenjadi “center of excellence” di sektor yang menjadi prioritas dan isu nasional antara lain energi, maritim, logistik, infrastruktur, industri serta sektor lain yang bersifat lintas disiplin ilmu dan laboratorium.

Untuk melaksanakan Visi dan Misi diatas, maka dalam konteks organisasi, setiap tahun dilaksankaan Rapat Koordinasi Nasional dan Rapat Kerja Nasional yang melibatkan seluruh perangkat organisasi IKA ITS di pusat yang meliputi Senat IKA ITS, Dewan Penasehat, Dewan Pakar, perangkat organisasi daerah Pengurus Wilayah IKA ITS, Komisariat Jurusan dan Badan-Badan Otonom.

Berbagai kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) dalam rangka menggali masukan dari alumni ITS maupun publik terhadap arah pembangunan di Indonesia, berhasil dirangkai menjadi sebuah Buku Rekomendasi Kebijakan dengan judul “INDONESIA POROS MARITIM DUNIA” Membangun Indonesia Menjadi Negara Maritim Yang Mandiri, Maju dan Kuat. Buku Rekomendasi Kebijakan tersebut telah disampaikan kepada Presiden Jokowi, dan IKA ITS terus melakukan monitor dan update melalui berbagai aktivitas untuk ikut mengawal implementasi ekonomi maritim di Indonesia.

Pengurus Pusat IKA ITS saat ini terdapat 16 bidang kepengurusan yang diharapkan dapat bekerja maksimal dan mampu menjawab berbagai tuntutan dan tantangan, baik secara internal terkait aspek organisasi dan keanggotaan serta kampus ITS maupun aspek eksternal yang mampu menyuarakan ITS lebih besar dalam konteks kehidupan dan pembangunan di Indonesia.

Untuk memperkuat kapabilitas organisasi dan turut mensosialisasikan keberadaan Alumni ITS di berbagai daerah, berbagai kegiatan berbasis di daerah terus dilaksanakan. Ini sejalan dengan penyebaran Alumni ITS di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini IKA ITS memiliki 16 Pengurus Wilayah yaitu : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, Jakarta Raya, Jawa Barat, Jawa Tengah-Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Kaimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Papua. Tersebarnya Alumni ITS diberbagai wilayah Indonesia diharapakan dapat menjadi mitra bagi Pemerintah Daerah untuk membangun dan mampu memanfaatkan potensi daerah dengan sentuhan teknologi dan inovasi.

Penguatan profesi berbasis Komisariat Jurusan yang mencapai 23 Pengurus Komisariat Jurusan sesuai dengan departemen yang ada di ITS. Dukungan IKA ITS bagi upaya peningkatan kualitas pendidikan kampus dilakukan secara bersama-sama antar berbagai organisasi di IKA ITS berupa pemberian beasiswa, bantuan peralatan laboratorium, bantuan sarana-prasarana seperti taman, mobil tangki air maupun dukungan atas riset/karya ITS seperti mobil listrik, motor listrik GESITS, dan lainnya.

Untuk meningkatkan jejaring dan pemanfaatan potensi alumni ITS yang lebih kuat, Pengurus Pusat IKA ITS telah mengembangkan database keanggotaan berbasis Mobile Apps yang saat ini sudah tersedia di Play Store dengan nama Tim Pendataan Alumni ITS (MIDA ITS). Upaya publikasi terus dilaksanakan, salah satunya adalah “re-desain website IKA ITS” yang diharapkan dapat lebih mengenalkan Alumni ITS dan ITS kepada masyarakat luas.

Untuk penataan organisasi yang lebih baik, saat ini PP IKA ITS sedang menyusun pelaksanaan penerbitan Kartu Anggota IKA ITS yang tidak saja berupa kartu namun terdapat berbagai manfaat didalam kartu tersebut.

Segenap masukan dan aspirasi Alumni ITS tentu sangat diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan organigasi IKA ITS agar lebih memberikan manfaat. Silahkan dikirimkan melalui email ke : sekretariat [at] alumniits.com.

Vivat ITS, Alamamaterku Jaya….