Rabu, November 13, 2019
BeritaBerita WilayahFoto Kegiatan

Rayakan HUT Kemerdekaan, Alumni ITS Terus Rajut Persatuan dan Kebhinekaan

Lebih dari 300 orang anggota Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Surabaya mengikuti kegiatan jalan santai di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (25/8).

Mengambil titik start di depan Rumah Kopi Nusantara berada tepat di Sekitar Pulau Papua di Danau Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ratusan alumni dari berbagai latar belakang profesi tersebut menempuh perjalanan sejauh 5 kilometer mengelilingi sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia yang berada di tengah-tengah TMII tersebut.

Dalam acara yang diselenggarakan Pengurus Wilayah IKA ITS Jakarta Raya tersebut memang digelar pula sejumlah lomba tradisional antaralumni ITS, di antaranya tarik tambang dan estafet terompa. Selain itu, digelar pula lomba mewarnai untuk anak-anak.

Dzulfikar Arifuddin, Ketua Steering Commite Acara ini mengungkapkan bahwa kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-74 RI ini menunjukkan komitmen alumni ITS terhadap negara kesatuan RI. Hal itu pula yang menjadi pertimbangan miniatur pulau Papua sebagai titik start dan finish.

“Kami tegaskan melalui kegiatan ini bahwa Papua tetap bagian Indonesia,” ujar dia kepada zonasatunews.com.

Simbol Cinta Tanah air, semangat kolaborasi dan sinergi serta peduli pada bangsa ini kita wujudkan dalam salah satu kegiatan ini.

“Jalan Sehat mengelilingi Indonesia, sambil menikmati Kopi dari Seluruh Nusantara di rumah kopi nusantara ini yang biji kopinya langsung diambil dari para petani-petani kopi dari seluruh Indonesia. Pesta kuliner 1.100 porsi dan 11 Menu Makanan Jawatimuran dan melakukan berbagai lomba tradisional teamwork serta lomba mewarnai untuk anak-anak di Anjungan Sulawesi Selatan,” jelas alumnus Mesin ITS angkatan 1997 ini.

Sinergi Aumni ITS

Acara “Alumni ITS Agustusan Rek !” yang bertajuk Sinergi Sehat Alumni ITS Jakarta Raya ini hasil kolaborasi dan peran aktif dari Komisariat-komisariat Jurusan Alumni ITS yang jumlahnya lebih dari 20 komisariat jurusan (Komjur) dengan di koordinasikan para alumni muda IKA ITS Pengurus Wilayah Jakarta Raya,#.

Dilihat dari peran dan kehadiran serta kesuksesan acara ini kita bisa mengukur, bahwa lebih dari 75% komisariat Jurusan tersebut masih aktif dan diketahui keberadaannya, kebanyakan adalah komisariat-komisariat yang memiliki jumlah alumni yang besar.

Sedangkan komisariat-komisariat yang jumlah alumninya sedikit, perlu kita wadahi dan beri kesempatan untuk bisa berkontribusi terutama didalam aktifitas pengurus wilayahnya masing-masing, maupun di aktifitas badan otonom alumni ITS lainnya.

“Semangat individu para anggotanya besar, tetapi sering kali terkendala tidak punya banyak orang untuk mengaktifkan komisariat jurusannya, sedangkan yang didapuk ketua komisariat jurusan sudah sibuk sendiri dengan bisnis, profesi serta aktifitas pribadinya sehingga melupakan suksesi dan nyaman dengan jabatan ketua komisariat jurusan sepanjang masa,” pungkas Reno, alumni Muda dari Komjur Mesin kelahiran 1995 yang menjadi Ketua OC acara ini menambahkan.

Berbagai ragam Menu Kuliner Jawa timuran yang disajikan merupakan persembahan para komjur-komjur aktif tersebut, sekaligus merupakan bisnis kuliner alumni ITS yang ada di Jabodetabek. Demikian Juga Untuk Doorprize dan Hadiah merupakan persembahan dari Sponsor yang juga kebanyakan berasal dari Perusahaan – perusahaan alumni ITS yang ada di Jakarta.

Hal Ini adalah salah satu contoh dan langkah awal bahwa Kolaborasi dan Sinergi berbagai komponen Alumni ITS, bisa menghasilkan banyak hal positif dan high impact.

“Semoga kesuksesan acara ini bisa menjadi pemompa semangat dan perjuangan alumni ITS dari berbagai umur dan kalangan untuk bisa lebih saling bahu membahu, bergotong royong , berkolaborasi dan bersinergi dalam banyak hal serta untuk sekala yang lebih besar, tampa terkendala skat-skat dan kotak kecil jurusan dan profesinya,” jelas Fikar yang juga inisiator Gerakan Alumni ITS (GenITS ).

Ketua PW IKA ITS Jakarta Raya, Muhammad Rifqi Isnanda, yang hadir pada kesempatan itu menyatakan, kegiatan jalan santai tersebut memang sengaja diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74. Pilihan untuk menggelar lomba-lomba tradisional merupakan wujud kepedulian alumni ITS terhadap kelestarian budaya masyarakat yang positif.

Piala bergilir yang disediakan untuk komjur dengan anggotanya yang paling interaktif dan terbanyak juga kita sediakan untuk mengapresiasi Komjur yang aktif untuk memperhatikan anggotanya, dan pada acara kali ini Peraih piala bergilir tersebut jatuh pada komjur Alfatekelits (Alumni Fakultas Teknologi kelautan ITS ).

“Lebih dari itu, kegiatan ini juga menjadi sarana temu kangen para alumni ITS dan keluarga, sekaligus ajang sosialisasi sistem one man one vote (OMOV) pemilihan ketua IKA ITS dalam kongres IKA ITS nanti,” kata Rifqi yang alumnus Teknik Mesin ITS tersebut.

Ketua Umum PP IKA ITS Dwi Soetjipto

Sementara itu Ketua Umum PP IKA ITS Dwi Soetjipto di sela-sela aktifitasnya mengikuti Roadbike fun Jogya-Magelang-Borobudur-Bendungan Sermo –Jogya sejauh 123 km menyatakan bahwa Kongres merupakan forum penting untuk kelangsungan roda organisasi IKA ITS.

Di dalam forum kongres inilah akan dipilih ketua baru yang akan menggantikan posisinya empat tahun ke depan. Selain itu, dari forum kongres pula IKA ITS bisa menyusun formula sumbangsih pemikiran bagi Indonesia yang lebih baik.

”Maka dari itu seluruh alumni ITS sudah seharusnya menyambut kongres dengan sukacita, pikiran dan ide-ide baru,” ujar alumnus Teknik Kimia ITS yang juga Kepala SKK Migas ini memberikan pesan melalui panitia P3KU IKA ITS