Selasa, Oktober 22, 2019
BeritaFoto Kegiatan

Alumni ITS Bersatu untuk Indonesia

Pelaksanaan Halal Bi Halal Alumni ITS 2019 menorehkan sesuatu yang tidak akan dilupakan. Tercatat lebih dari 500 orang Alumni ITS hadir di acara HBH yang dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juni 2019 di Patrajasa Gatot Subroto Jakarta.

Hal ini menunjukkan bahwa Alumni ITS kompak-kompak saja pasca hajatan Pemilu 2019 yang dikatakan oleh sebagian pengamat yang penuh dinamika dankonon dibeberapa entitas masyarakat terjadi perpecahan. Tidak hanya membludaknya Alumni ITS yang hadir, tetapi juga parade tokoh dan senior menunjukkan jika terkait dengan ITS dan almamater semua komponan Alumni adalah kompak  dan fokus pada penguatan dan menjaga almamater dan kebanggaan sebagai Alumni ITS dan tentu saja semangat untuk terus memberikan pengabdian dan kontribusi terbaik dalam membangun negeri tercinta, Indonesia.

Tercatat Alumni senior yang hadir antara lain Ketua KPK RI Agus Rahardjo, Ketua Dewan Pers/Ketua Badan Waqaf Indonesia Prof Dr Mohamad Nuh, Ketua Umum PP IKA ITS/Kepala SKK Migas Dr. Ir. Dwi Soetjipto, Wakil Kepala SKK Migas Ir. Sukandar, MM, Wakil Ketua Komisi VII DPR Ir Ridwan Hisjam, Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mohammad Ashari, Wakil Rektor IV Dr. Ir. Bambang Pramujati, Direktur Pertamina Ir Masud Khamid, Direktur Pupuk Indonesia Holding Company, Ir. Djohan Safri, Direktur Telkom Ir Ana, Ir Bogi, Direktur PLN Ir Syamsul Huda, Ir. Wiluyo, Direktur Pelindo II, Ir. Prasetyadi, Direktur Telkomsel Iskriyono, Sedangkan dari BUMS ada Ir Azis Bahalwan, Ir. Sunaryo Suhadi, Ir. Hanif Djauhari, Ir Harsusanto, Ir. Rifki Isnanda dan masih banyak lagi.

Bahkan jauh-jauh dari Surabaya, banyak dosen dan mahasiswa hadir seperti Dr Ir Arman, Dr Ir Bambang S, Tim Ichiro, Tim PSM ITS dan lainnya. Sedangkan dari mitra IKA ITS yang hadir antara lain, Ketua Yayasan Waqaf Manarul Ilmi ITS Ir. Triyono, Direktur BNI Life Shadig, Kadiv BNI Awang dan jajarannya mewakili Direktur Hubungan Kelembangaan  dan lainnya.

Selain sambutan dari panitia, tuan rumah dan Ketua Umum PP IKA ITS serta Ketua Senat IKA ITS, Rektor ITS dan Ketua KPK turut memberikan sambutan dan saran-saran serta penyemangat, yang pada intinya dari apa yang disampaikan dapat dirangkum sebagai berikut :

  1. Dinamika kebangsaan Indonesia kedepan akan semakin dinamis maka segenap Alumni ITS harus terus meningkatkan solidaritas, soliditas dan jejaring untuk saling mendukung yang tidak hanya akan memberikan manfaat bagi diri pribadi, tetapi juga bagi almamater ITS dan bangsa Indonesia.
  2. Membludaknya kehadiran Alumni ITS, dan beberapa diantaranya adalah aktivis pada Pemilu Presiden dan Pemilu legilatif yang berbeda pilihan dan saat HBH Alumni ITS berkumpul kembali dengan nuansa gembira, persaudaraan yang tinggi hendaknya dapat terus dijaga untuk konduktivitas dan keharmonisan Alumni ITS yang mudah-mudahan memberikan imbas positif pada lingkungan masing-masing.
  3. Pada tauziyahnya, Prof Dr. Mohammad Nuh mengingatkan, bahwa apa yang diraih saat ini, segala capaian, karir dan rejeki bukanlah bekal yang bisa dibawa di akhirat kelak, maka perlu Alumni ITS untuk berinvestasi pula pada sarana yang akan menjadi sumber pahala dikemudian hari.
  4. Secara khusus Rektor ITS, Prof. Dr. Mohammad Ashari menyampaikan apresiasi atas segala kontribusi Alumni ITS untuk terus memberikan dukungan bagi pengembangan kampus ITS khususnya di era PTNBH yang sarat dengan berbagai tantangan. Beliau menyampaikan pula peringkat dan target ITS di skala dunia kedepannya yang penilaian sebesar 50% akan sangat membutuhkan dukungan dari Alumni ITS, dibutuhkan 400 Alumni ITS dari berbagai bidang dengan posisi tertentu untuk dapat memberikan penilaian atas kualitas lulusan ITS.
  5. Bahwa akan dilaksanakan Kongres IKA ITS 2019, yang setiap kandidat Ketua Umum Pengurus Pusat IKA ITS dijaring melalui penjaringan terbuka yang melibatkan seluruh Alumni ITS “One Man One Vote (OMOV). Sesuai ketentuan organisasi di Peraturan Organisasi IKA ITS yang bisa ikut memberikan suara melalui OMOV adalah Alumni ITS yang sudah terdaftar di database IKA ITS yaitu di Aplikasi MIDA IKA ITS dengan status terverifikasi. Diharapkan alumni yang hadir dapat ikut mensosialisasikan pentingnya Alumni yang lain dalam hal ini yang belum mengisi data di Aplikasi MIDA untuk dapat mengisinya dan agar admin wilayah dan komisariat jurusan dapat aktif melakukan verifikasi.

Kemeriahan acara, tidak terasa sudah jam 22.00 dan jumlah Alumni ITS yang masih bertahan tetap banyak, artinya rasa kangen dan keguyuban sangat terasa. Semoga momen yang indah ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa mendatang.