Berita

Profile

SEKILAS IKATAN ALUMNI ITS

Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) berdiri tahun 1967 dan sesuai dengan AD-ART IKA ITS berkedudukan di Surabaya. Di tingkat pusat terdapat 2 (dua) buah kelembagaan yaitu Senat Alumni ITS dan Pengurus Pusat IKA ITS (PP IKA ITS). Saat ini di tingkat cabang (provinsi) organisasi IKA ITS memiliki struktur kepengurusan di cabang yang meliputi 13 (tiga belas) wilayah, dengan 2 diantaranya adalah masih proses persiapan (sudah ada PIC namun belum dilakukan Musywarah Daerah) yaitu :

1. Pengurus Wilayah Aceh

2. Pengurus Wilayah Sumatera Utara

3. Pengurus Wilayah Kepulauan Riau

4. Pengurus Wilayah Sumatera Selatan (persiapan)

5. Pengurus Wilayah Sumatera Barat (persiapan)

6. Pengurus Wilayaha Jakarta Raya & Luar Negeri

7. Pengurus Wilayah Banten

8. Pengurus Wilayah Jawa Barat

9. Pengurus Wilayah Jawa Tengah

10. Pengurus Wilayah Jawa Timur

11. Pengurus Wilayah Kalimantan Timur

12. Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan

13. Pengurus Wilayah Bali

Dalam kurun waktu 1967 sampai dengan tahun 2007, PP IKA ITS telah mengalami 10 (sepuluh) periode kepengurusan dan 6 (enam) kali perubahan AD-ART. Perubahan AD-ART IKA ITS terakhir kali dilakukan dalam Sidang Umum Majelis Alumni ITS (SUMA ITS) tanggal 8 Nopember 2007 di Hotel Novotel Surabaya.

Secara ringkas sejarah kepengurusan IKA ITS adalah sebagai berikut :

1. Jayadi Ramat
(1967-1975)

2. Suroso
(1975-1980)

3. Moestahid Astari
(1980-1985)

4. Kusen Chasbullah
(1985-1990)

5. Moestahid Astari
(1990-1995)

6. Moestahid Astari
(1995-2000)

7. Mohammad Jaelani
(2000-2004)

8. Kristiono
(2004-2006)

9. Mohamad Najib
(2006-2007)

10. Dwi Soetjipto
(2007-2011)

Peran IKA ITS bagi pengembangan kampus, meskipun seara tidak langsung tetapi dengan memanfaatkan jeringan yang ada. Bantuan-bantuan IKA ITS didalam pengembangan kampus dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung berupa bantuan bagi beasiswa, magang maupun bantuan berupa keahlian. Sedangkan secara tidak langsung dapat dirasakan pada waktu ITS mendirikan Graha ITS dengan bantuan lobi lepada Depdiknas, Masjid ITS, maupun stadion ITS sebagai upaya lobi terhadap dana hasil kompensasi dari statu preusan real estate yang diwujudkan dalam bentuk stadion olah raga. Upaya mempercepat bantuan ADB dimasa kepemimpinan Prof. Ir Oedjoe Djoeriaman MSc. PhD (almarhum).

Perkuatan peran IKA ITS secara organisasi dan kemanfaatannya bagi anggota diwujudkan dalam bentuk pembangunan sekretariat IKA ITS di Surabaya dimasa kepengurusan Kusen Chasbullah. Selain itu dalam upaya pendataan anggota dan pencarian dana secara mandiri dan berkelanjutan, IKA ITS bekerjasama dengan Bank Niaga menerbitkan Kartu Alumni ITS dalam bentuk Kartu Kredit Bank Niaga.

Kepengurusan PP IKA ITS 2007-2011 dibawah duet kepemimpinan Ir. Dwi Soetjipto MM sebagai Ketua Umum dan Ir. Djawahir Adnan sebagai Sekretaris Jenderal membagi kepengurusan dalam 9 (sembilan) bidang diwabah koordinasi Wakil Ketua Umum, yaitu :

1. Bidang Pembinaan Anggota
: Ir. Sutopo Kristanto

2. Bidang Pranata dan Keorganisasian
: Dr, Ir. Gunawan Adji

3. Hubungan Kampus dan Kemahasiswaan
: Dr. Ir. Eko Budi Djatmiko

4. Bidang Penelitian dan Kajian Ilmiah
: Ir. Nyoman G. Wiryanata

5. Bidang Pembinaan Bisnis Alumni dan Kewirausahaan
: Ir. Widodo Santoso

6. Bidang Promosi Alumni dan Ketenagakerjaan
: Ir. Indrajaja Manopol

7. Bidang Pengembangan Profesi dan Daya Saing Alumni
: Ir. Harsusanto

8. Bidang Pengkajian Strategis dan Partisipasi Nasional
: Ir. Lukman Mahfoedz

9. Bidang Humas dan Sosial Kemasyarakatan
: Ir. Tedjo Suryono

10. Bidang Lembaga-lembaga dan Kerjasama                            : Ir. Sukrisno

Program kerja yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2007-2011 antara lain : Pembuatan website IKA ITS, Database alumni ITS, Pembinaan Alumni dalam bentuk pelatihan, majalah IKA ITS, pelatihan regular dan khusus untuk pengembangan profesi dan kompetensi alumni, pembuatan juklak dan juknis AD-ART hasil SUMA ITS 2007, konsolidasi dan perkuatan organisasi, Pembentukan Politeknik / Community College di Madura sebagai role model, beasiswa rutin dan prestasi kepada mahasiswa ITS, fasilitasi dan promosi hasil penelitian, mengaktifkan kegiatan TENOV, Bisnis Gathering Forum, IKA ITS Business SUMMIT, Kewirausahaan, bursa kerja, perkuatan profesi, pengkajian isue-isue strategis, pameran teknologi, partisipasi dibidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, Penggalangan Dana Abadi ITS.