Berita

2013, Pasar Smartphone dan Tablet Tumbuh 2 Kali Lipat

JAKARTA, alumniITS:
Penjualan perangkat semacam smartphone dan tablet diperkirakan akan mencapai 821 juta pada tahun 2012. Jumlah tersebut diperkirakan akan jauh meningkat pada 2013, mencapai 1,3 miliar.

Perkiraan tersebut disampaikan oleh firma riset Gartner, Selasa lalu. Perangkat semacam tablet dan smartphone akan tumbuh cepat karena momentum yang tepat. Konsumen banyak memilih perangkat tersebut sebagai pengganti PC yang besar dan tidak praktis.

“Bagi kebanyakan perusahaan, smartphone dan tablet tidak akan sepenuhnya menggantikan PC, tetapi di mana-mana telepon pintar dan meningkatnya popularitas tablet mengubah cara perusahaan melihat pada perangkat strategis mereka dan cara konsumen menerima perangkat,” kata Carolina Milanesi, wakil presiden riset di Gartner.

Milanesi menambahkan bahwa pada 2016 dua-pertiga dari tenaga kerja akan menggunakan smartphone. Tablet juga akan menjadi perangkat penting sebagai pendukung mobilitas pekerja. Gartner memperkirakan jumlah tablet yang digunakan perusahaan pada tahun ini mencapai 13 juta unit, jumlah tersebut naik berkali lipat pada 2016 yang diperkirakan mencapai 53 juta unit.

Menurut Gartner, Apple akan tetap tumbuh menjadi ‘jantung’ pergerakan pasar walaupun jumlah penjualannya kalah dibandingkan Android. Mereka juga memperkirakan tablet Windows akan menjadi pemain terbesar ketiga di belakang Apple dan Android pada 2016. (endy – [email protected])