Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Inggris bakal Miliki Internet Berkecepatan 20 Gbps

LONDON, alumniITS:
Para ilmuwan dan teknisi dari Bangor University, Wales, berhasil mengembangkan sistem internet yang memiliki kecepatan hingga 20 Gbps di Inggris. Bahkan ,menurut mereka, kecepatan ini masih bisa ditingkatkan lagi hingga mencapai 40 Gbps.

Tim yang terdiri dari ilmuwan dan teknisi internet dari Bangor University, yang bermarkas di wilayah Wales, dikabarkan berhasil mengembangkan layanan internet super cepat sampai 20 Gbps. Bahkan tim itu berpendapat, kecepatan itu masih dapat didongkrak lagi hingga 40 Gbps.

Menggunakan metode yang disebut Optical Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OOFDM) , tim itu mengatakan bahwa sistem ini dapat memecahkan kesalahan transfer data pada serat optik. Menurut mereka metode OOFDM dapat mengerjakan code dan decode sinyal data dengan cepat.

“Ini merupakan satu-satunya sistem yang kita tahu di dunia hingga dapat bekerja secara real time, dengan pemancar dan penerimaan real time,” ujar Dr Roger Gidding, salah satu anggota tim, seperti dikutip TechWeek dari BBC, Kamis (08/11/2011)

Google pernah mendapatkan perhatian banyak dari publik saat mereka mengumumkan akan segera membesut layanan internet berkecepatan 1 Gbps di Kansas City dan Missouri, AS. Kecepatan ini tentunya tak ada apa-apanya dibanding sistem kecepatan internet yang dikembangkan oleh para ilmuwan Wales.  (endy – [email protected])