Berita

2013, Empat Ancaman Keamanan Serang Smartphone


JAKARTA, alumniITS: Tahun 2013 sudah di depan mata. Ada 4 ancaman keamanan cyber yang harus diwaspadai di tahun 2013, yaitu: malware pada smartphone, Botnet, keamanan pada komputasi awan, dan kebocoran informasi.

Vendor sekuriti Eset memprediksi akan ada peningkatan signifikan pada mobile malware dan variannya. Penyebaran malware lewat situs internat juga akan mengalami peningkatan, botnet juga diprediksi akan kembali bangkit.

Selama tahun 2012, terpantau banyak program jahat yang dikembangkan khusus menyerang Android seiring melonjaknya perangkat Android. Lonjakkan tersebut juga memicu munculnya malware yang menjadikan perangkat tersebut sebagai target. Belum lagi akses layanan perbankan via smartphone juga makin meningkat.

Lembaga riset independen Juniper Research menyebutkan, pada tahun 2013 diperkirakan akses layanan perbankan via smartphone akan mencapai angka sekitar 530 juta user. Angka itu meningkat hampir 50% dari tahun 2011 yang baru mencapai 300 juta user.

Pada konteks inilah cepatnya pertumbuhan kedua layanan teknologi mendorong pertumbuhan program-program jahat pada Android selama periode tahun 2012. Kondisi ini akan bertahan bahkan diperkirakan meningkat pada 2013.

Disamping itu kompleksitasnya juga akan makin meningkat seiring dengan meluasnya pasar Android dan kompatibilitas layanan jasa lain serta kemudahan akses dari smartphone.

Sementara itu, jumlah varian maupun keluarga malware yang menyasar sistem operasi Android, peningkatannya tidak signifikan. Pada 2011 tercatat hanya 52 dan meningkat menjadi 56 pada 2012.

Seiring meningkatnya malware Android, tindak kejahatan yang dilakukan oleh malware juga akan berlanjut dengan motif pencurian informasi (spyware), penyebaran SMS message ke nomor-nomor bertarif premium, dan mengubah perangkat dan sistemnya menjadi ‘zombie’ (botnet recruitment).

Sebagian besar motif malware ini adalah membuat smartphone berlangganan ke nomor-nomor bertarif premium tanpa otorisasi dari pemilik smartphone.

Juga ancaman yang mengubah smartphone menjadi ‘zombie’, yaitu akses perangkat smartphone diambil alih oleh pelaku kejahatan secara remote lalu digunakan untuk menginstall malware, menginject kode berbahaya, mencuri data dan informasi tertentu, dan memodifikasi parameter konfigurasi, dan lainnya.

Jumlah varian malware Android juga cenderung meningkat di 2012. Sebuah varian yang muncul merupakan versi modifikasi dari program jahat atau malware yang sudah ada sebelumnya, jadi bukan sama sekali baru. (endy – [email protected])