Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

1.907 Mobil Warnet Keliling bagi Warga Pedesaan

 

JAKARTA, alumniITS:

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan 1.907 unit mobil internet keliling untuk seluruh wilayah Indonesia. “Sampai September tahun ini, sudah ada 1.802 unit mobil pusat layanan internet kecamatan (MPLIK) yang di-deploy (kirimkan),” kata juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot S. Dewa Broto,  di Jakarta, Jumat, (12/10).

Gatot mengatakan MPLIK sampai saat ini telah menjangkau Sulawesi dan Papua. Adapun pemerintah daerah setempat mengatur jadwal keberadaan MPLIK tersebut agar dapat menjangkau semua wilayah kecamatan.

Ia menjelaskan, pada dasarnya MPLIK beroperasi layaknya warung internet (warnet). Mobil keliling tersebut, kata Gatot, dilengkapi komputer yang bisa digunakan masyarakat untuk mengakses internet. Namun, ada sejumlah masalah dalam pengoperasiannya, seperti penolakan oleh masyarakat di Gorontalo yang menolak kedatangan MPLIK.

Gatot menuturkan, pemerintah Gorontalo merasa terbebani dengan adanya 50 unit MPLIK yang dikirim Kementerian Komunikasi dan Informatika. “Namun, kementerian akhirnya menjelaskan bahwa pemerintah daerah setempat tidak akan dibebani karena seluruh anggaran berasal dari pemerintah pusat,” katanya seperti dilansir tempo.co

Selain Gorontalo, kata Gatot, Kementerian pun sudah mengirim 45 unit MPLIK ke Jambi. Ia mengaku Kementerian masih menghadapi kendala dalam program MPLIK tersebut. “Kendala mayoritas dari aspek geografis,” ujar Gatot. (ndy)