Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Tanpa Didukung Iptek, Negara Tak Akan Maju


JAKARTA, alumniITS.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Muhammad Hatta Rajasa menilai tanpa didukung Iptek yang tinggi, suatu negara tidak akan maju.  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau iptek adalah salah satu sisi yang terus digalakkan dan dimajukan oleh banyak negara di dunia. Tidak sedikit negara-negara maju yang berhasil menciptakan sesuatu karena majunya sisi iptek mereka.

“Kita sadar betul tidak ada negara maju tanpa kemajuan Iptek. Jadi Iptek sangat berperan dalam kemajuan suatu negara,” ujar Hatta Rajasa dalam acara pada penganugerahan gelar Perekayasa Utama Kehormatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kepada dirinya di Jakarta, Senin (26/08).

Sisi menguntungkan apabila iptek suatu negara maju adalah, perekonomian negara tersebut akan miliki nilai tambah serta memunculkan efisiensi sampai kemakmuran dalam segala lini. “Pembangunan ekonomi haruslah berbasiskan Iptek,” tukas dia.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menganugerahkan gelar perekayasa utama kehormatan kepada Menko Perekonomian Dr (HC) Ir Muhammad Hatta Rajasa.

Hatta Rajasa menerima gelar perekayasa utama kehormatan untuk bidang kebijakan teknologi, karena dianggap telah berjasa menerapkan kebijakan pembangunan ekonomi yang berbasis pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berdaya saing, serta ditopang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kepala BPPT Marzan A Iskandar mengatakan gagasan tersebut dituangkan pada Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2015, yang salah satu pilarnya percepatan kemampuan sumber daya manusia dan Iptek nasional. (endy)