Berita

Semen Padang Bangun Pabrik Indarung VI Rp3,25 Triliun

PADANG, alumniITS:
PT Semen Padang akan membangun pabrik Indarung VI dengan dana Rp3,25 triliun  berasal dari pembiayaan 70% modal sendiri dan 30% pinjaman.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Semen Padang menyetujui pembangunan pabrik baru, Indarung VI, dengan kapasitas produksi tiga juta ton per tahun yang ditargetkan rampung pada 2015.

“Alhamdulillah pemegang saham telah menyetujui pembangunan pabrik Indarung VI, dengan demikian pelaksanaan pembangunannya akan segera dilaksanakan,” kata Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin, di Padang, Selasa (20/11/2012).

Menurut dia, pada saat RUPS LB PT Semen Padang juga disetujui penjaminan aset perseroan dalam rangka pendanaan pembangunan proyek Indarung VI tersebut.  Pembangunan Indarung VI dinilai layak dengan kriteria internal rate of return (IRR) atau tingkat pengembalian modal mencapai 17,20%, weighted average of cost of capital (WACC) atau biaya modal usaha 13,06%.

Net present value (NPV) atau arus kas pada masa mendatang Rp1,4 triliun, dan payback period (PP) atau lama pengembalian investasi 9 tahun 4 bulan. “Tujuan pembangunan pabrik baru di lingkungan Semen Gresik Group karena kinerja perseroan saat ini telah maksimal,” paparnya.

Dikatakan, untuk mempertahankan pangsa pasar dalam negeri serta memaksimalkan pendapatan perseroan, memenuhi pasokan, dan penghematan biaya distribusi serta dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dibutuhkan pembangunan beberapa pabrik baru, kata dia.

Penambahan pabrik baru merupakan hal mutlak yang harus dilakukan PT Semen Padang, untuk meningkatkan daya saing di tengah kompetisi perusahaan semen di Indonesia. “Saya minta dukungan semua pihak baik pemerintah daerah, dan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan agar berjalan dengan baik dan tepat waktu,” paparnya seperti dilansir antara.com

Selain itu ia berharap PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dapat mendukung pengangkutan semen ke Teluk Bayur, PLN menyediakan tenaga listrik dan dukungan Pelindo untuk memperluas pelabuhan Teluk Bayur.. (endy – [email protected])