Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Kecanduan iPad, Balita Diterapi

LONDON, alumniITS.com – Seorang gadis cilik berusia empat tahun terpaksa menjalankan terapi karena kecanduan iPad.
Perangkat tablet besutan Apple, iPad, kini tak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, anak-anak pun turut menikmatinya. Hal tersebut karena sudah banyaknya aplikasi dan game yang memang ditujukan bagi anak-anak yang bisa unduh langsung dari toko aplikasi App Store.

Di sinilah letak pentingnya peran orang tua mengawasi anak-anaknya bermain. Sebab jika tanpa pengawasan, anak-anak tersebut dapat saja mengalami kecanduan, seperti yang dialami gadis cilik di Inggris ini.

Gadis cilik berusia empat tahun yang tidak disebutkan namanya ini memang mengalami kecanduan terhadap iPad. Ia merasa harus bermain game pada tablet keluaran Apple itu sesering mungkin atau ia akan menderita.

Dilansir News.com.au, karena tak mau anaknya terus larut dengan kecanduan iPad, orang tua gadis cilik tersebut menyerahkan masalah ini kepada Dr Richard Graham, seorang psikiater anak di Capio Nightingale Clinic di London. Dr Graham pun memasukkan si gadis ke dalam program ‘Digital Detox’.

Program khusus ini memang sengaja didirikan akibat mulai banyaknya anak yang kecanduan akan perangkat-perangkat digital sebagi sarana hiburan mereka. Dr Graham mematok tarif sekitar 16 ribu poundsterling atau sekitar Rp14,8 juta per bulan untuk program ‘Digital Detox’ ini.

“Jangan meninggalkan iPad Anda tanpa pengawasan, karena anak-anak pasti ingin menggunakannya juga. Bahayanya, mereka tak dapat mengontrol diri dan menjadi kecanduan. Perilaku mereka bisa berubah tak terkendali dan kerap marah-marah jika iPad ini Anda ambil atau Anda jauhkan dari jangkauan mereka,” jelas Dr Graham. ([email protected])