Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Ipaymu Bidik Transaksi Bisnis Online UKM

JAKARTA, alumniITS.com – Ipaymu, perusahaan lokal yang bergerak dalam jasa pembayaran online membidik pangsa pasar bisnis online di Tanah Air yang tengah tumbuh pesat. Salah satu yang dibidik adalah segmen Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Pertumbuhan e-commerce di Indonesia akan mendorong semangat entrepreneurship dan potensilocal digital economy,” kata Pendiri sekaligus Pemilik Ipaymu, Riyeke Ustadiyanto, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/6).

Dia mengatakan, Ipaymu bisa menjadi solusi untuk pembayaran online bagi UKM yang saat ini masih sulit untuk dapat
menikmati layanan transaksi online perbankan.

Untuk menyasar segmen ini, pilihan transaksi online pun diperbanyak. Ipaymu tidak saja memfasilitasi pembayaran melalui kartu kredit, tapi juga meluas pada penggunaan debit card yang pertumbuhannya sangat signifikan.

Rieke menilai potensi bisnis e-commerce di Indonesia masih cukup terbuka luas. Berdasarkan data dari Kementerian
Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), pasar e-commerce di Indonesia pada tahun 2013 ini diperkirakan mencapai Rp 130 triliun, tumbuh hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 69 triliun.

IdEA, Asosiasi E-Commerce Indonesia dengan mengutip penelitian Daily Social memperkirakan ukuran pasar e-commerce Indonesia antara US$ 0,6 hingga US$ 1,2 juta pada tahun 2012 dan melenjit sampai US$ 135 juta di tahun 2016.

Sedangkan Frost & Sullivan dalam riset Indonesia Telecom Outlook Indonesia–Go Online 2012, menyebutkan pendapatan
transaksi e-commerce di Indonesia mencapai US$ 120 juta pada 2010 dan akan meningkat jadi US$ 650 juta pada 2015.

Seiring berkembangnya e-commerce di Indonesia, tentu saja kebutuhan akan pembayaran online dan aman, menjadi tuntutan utama. Untuk mengantisipasi fenomena tersebut, Ipaymu memfasilitasi transaksi online dengan menyediakan jasa Escrow.

Layanan ini akan menempatkan Ipaymu sebagai pihak ketiga independen yang menjamin atas transaksi dua pihak (penjual-pembeli) yang belum memiliki keyakinan tinggi diantara keduanya.

Dengan layanan ini pihak-pihak yang melakukan transaksi online akan terhindar dari resiko penipuan atau transaksi palsu
sehingga menciptakan perasaan aman dan nyaman bagi kedua belah pihak, penjual maupun pembeli.

Selain itu, Ipaymu juga telah mengintegrasikan sistem pembayarannya dengan jaringan perbankan nasional dan internasional serta mengembangkan sistem pembayaran yang menjamin keamanan dan kenyamanan
transaksi online melalui internet.

Untuk sistem pembayaran online, Ipaymu telah menjalin kerjasama dengan jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) Bersama, Link, Prima, dan Meps sehingga bisa melakukan transaksi online dengan 137 bank nasional maupun internasional. Layanan perseroan juga terhubung dengan PT Pos Indonesia yang memiliki lebih dari 4.000 kantor cabang di seluruh Indonesia. ([email protected])