Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Glorius Blood, Satukan FTI-FTK-Unesa

SURABAYA, alumniITS:
Menyemarakkan Dies Natalis ke-52, ITS kembali menggelar donor darah, Selasa (6/11). Sesuai harapan, acara bertajuk Glorius Blood ini mendapat sambutan hangat dari sivitas akademika ITS. Selama dua hari digelar, 200 kantong darah berhasil dikumpulkan.
   
Menariknya, donor darah ini adalah kerja sama tiga organisasi. Yaitu antara Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Jitu Ayatullah, salah satu panitia menjelaskan bahwa FTI adalah inisiator awal kegiatan ini. ”Kami hanya diperbolehkan melakukan kegiatan tanggal 6 dan 7, kegiatan ini akhirnya dimasukkan rangkaian Dies Natalis,” terangnya. Untuk itu, pihak FTK selaku panitia resmi Dies Natalis turut diajak kerja sama.

Terkait keterlibatan dengan Unesa, Jitu mengatakan bahwa hal itu adalah faktor kebetulan. Awalnya, Unesa memang mengagendakan sendiri donor darah di kampusnya. Karena hari yang bersamaan, pihak Palang Merah Indonesia pun meyarankan untuk digabungkan. Saran ini pun disambut baik oleh pihak ITS.

Rupanya, kerja sama ini sangat membantu jalannya donor darah. Panitia donor darah menjadi bertambah. ”Kita sangat terbantu, apalagi panitia ITS banyak yang kuliah sedangkan mereka kan kosong,” terangnya seperti dilansir ITS.ac.id, Kamis (8/11/2012)

Donor darah ini memang bukan kali pertama diselenggarakan oleh ITS. Tetapi, tetap saja mendapat antusiasme yang cukup tinggi. Bahkan, target 150 kantong darah, telah tercapai sebelum jadwal hari pertama berakhir. Akibatnya, beberapa pendonor harus mengurungkan niatnya karena stok kantong darah telah habis.

Untuk hari kedua, panitia hanya menargetkan 50 kantong. Hal ini untuk melengkapi jumlah darah menjadi 200 kantong. ”Sepertinya bukan hal yang sulit. Karena pendonor sudah banyak sejak pertama kali dibuka,” lanjut mahasiswa Teknik Elektro ini. (endy – [email protected])