Berita

Apple Siapkan iPad 13 Inci

CALIFORNIA, alumniITS.com – Apple sedang menguji coba iPad berukuran 13 inci dan iPhone dengan dimensi layar lebih besar, demikian dilaporkan The Wall Street Journal, mengutip sumber-sumber dari sejumlah pemasok komponen Apple di Asia.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu dilaporkan meminta sejumlah pemasoknya di Asia untuk mendesain iPhone yang lebih besar dari 4 inci dan iPad dengan dimensi diagonal sekitar 13 inci, ke luar dari pakem iPad yang biasanya hanya berukuran 9,7 inci.

Meski belum pasti Apple akan benar-benar melempar iPad 13 inci itu ke pasaran tetapi sejak lama perusahaan itu sering menguji berbagai tipe produk di pasar.

Uji coba itu sendiri diduga menjadi bagian dari strategi Apple untuk meraup pasar yang lebih beragam, mengikuti para pesaingnya yang menyediakan produk yang lebih variatif kepada pasar yang juga punya kebutuhan jamak.

Misalnya Samsung, saingan terberat Apple, yang menyediakan “semua jenis produk kepada semua jenis manusia” terbukti berhasil merebut pangsa pasar smartphone lebih besar ketimbang Apple.

Di kuartal pertama, demikian lapor perusahaan riset Strategy Analytics, Samsung berhasil menguasai 33,1 persen pasar smartphone dunia, sementara Apple hanya di posisi kedua dengan 17,9 persen pangsa pasar.

Soal tablet, menurut data IDC, Apple memang masih menduduki urutan pertama, tetapi pangsa pasarnya menyusut menjadi 39,6 persen di tiga bulan pertama 2013 dari 58,1 persen di periode yang sama tahun lalu. Sementara Samsung berhasil merebut pasar lebih luas, dari hanya 11,3 persen pada kuartal pertama 2012, menjadi 17,9 persen di periode yang sama 2013. (endy)