Berita

77 Kontestan dari 17 Universitas Ikuti Kontes Roboboat di Jepara

JEPARA, alumniITS:
Sebanyak 30 kontestan dari 17 universitas dan Politeknik se Indonesia berhasil lolos seleksi untuk tampil dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional Pertama atau Roboboat 2012 di Pantai Kartini, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, 30-31 Oktober 2012.

“Kontes Roboboat ini pertama kali digelar di Pantai, sebelumnya digelar di danau yang gelombang air dan arusnya cenderung lebih tenang dibanding air di pantai,” papar Pembantu Rektor III Universitas Diponegoro Semarang, Warsito, di Jepara, Selasa (30/10),
 
Perlombaan ini berawal dari prestasi yang ditorehkan Tim Roboboat Undip, pada ajang Roboboat Competition di Virginia, Amerika Serikat pada 2011. “Kami mengirimkan perwakilan untuk mengikuti ajang kompetisi serupa hingga dua kali. Yang kedua diikuti tahun ini,” katanya.

Atas prestasi itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) mempercayakan kontes kapal tak berawak di pantai yang pertama kepada Undip Semarang. Apalagi,  Indonesia merupakan negara maritim, sehingga peluang pengembangan teknologi perkapalan masih terbuka.

Perlombaan ini, sebagai salah satu upaya mendorong kreativitas mahasiswa di bidang teknologi perkapalan.  “Syukur-syukur ada yang mampu membuat rekayasa di bidang perkapalan, sehingga bisa dikembangkan oleh perusahaan perkapalan di Indonesia,”
ujarnya.

Perlombaan akan dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari pertama (30/10) dilaksanakan KAPAL autonomous (otomatis/sensor) dan hari kedua (31/10) menggunakan remote control dan fuel engine. 

Ahlan Zulfakri salah satu anggota tim Undip peraih “The Best Design dan Inovation in Design and cost performance” di Amerika, berharap, kreativitas mahasiswa di bidang perkapalan tidak hanya terbatas ketika mengikuti kontes.

“Kami berharap, pemerintah mampu mengaplikasikan karya-karya mahasiswa di dunia industri perkapalan dan pertahanan,” ujarnya seperti dikutip antara. (endy – [email protected])