Berita

1.000 Guru dan 50.000 Siswa Dikenalkan Ilmu Komputer


JAKARTA, alumniITS:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan PT Oracle Indonesia telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengimplementasikan Oracle Academy Kurikulum Pengenalan Ilmu Komputer, termasuk di dalamnya kurikulum Oracle Academy Java Fundamentals dan pelatihan  “Getting Started with Java Using Alice”, pada program pengembangan Kemendikbud di 500 sekolah.

Upaya ini untuk membangun fondasi yang kuat dari program teknologi, membantu mendorong pengetahuan dan minat siswa pada ilmu komputer, IPTEK, dan melatih 1.000 guru untuk mempersiapkan 50.000 siswa di sekolah menengah di seluruh Indonesia agar sukses berkarir sebagai praktisi TI handal untuk memenuhi permintaan lokal terhadap tenaga kerja teknologi yang sangat terampil, kata Hamid Muhammad, Ph.D, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan kebudayaan dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (4/12)

Hamid melanjutkan Indonesia siap untuk mengembangkan program pendidikan teknologi yang mempromosikan tenaga kerja yang terlatih dan kewirausahaan untuk mendorong inovasi.

“Jika Indonesia ingin mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan bersaing dalam ekonomi global, kita perlu terus mengembangkan tenaga kerja yang berkualitas dan terampil,” kata Hamid Muhammad.

Bekerjasama dengan Oracle Academy, kami dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan teknologi yang diperlukan agar mereka memiliki keunggulan kompetitif ketika memasuki dunia kerja, tambahnya.

Oracle Academy mendukung lebih dari 1,9 juta siswa di 97 negara dan kurikulum Java yang dirancang bagi sekolah menengah untuk meningkatkan minat siswa pada ilmu komputer dan teknik serta mempersiapkan siswa untuk sukses berkarir di bidang Teknologi Informasi, sambung Uday Mathkar, Country Managing Director, Oracle Indonesia.

Oracle Academy mengumumkan kurikulum Java mereka yang baru di awal tahun ini sebagai bagian dari komitmen Oracle untuk mendukung pendidikan yang relevan dengan keterampilan dalam industri dan mempersiapkan siswa untuk berkarir di abad ke-21.

Java adalah salah satu platform yang paling populer di dunia komputasi, digunakan oleh lebih dari 9 juta pengembang dan berjalan di lebih dari 3 miliar perangkat elektronik. Sebagai penyedia layanan Java, Oracle berkomitmen untuk berinvestasi di teknologi ini dan mendidik generasi muda tentang Java dan menyajikannya dengan cara yang kreatif, sambungnya. (endy – [email protected])