Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Windows RT Kurang Dapat Sambutan

JAKARTA, alumniITS.com – Microsoft meluncurkan sistem operasi mobile khusus tablet Windows RT beberapa waktu lalu. Meskipun saat ini perangkat berbasis Windows RT disebut sebagai pesaing kuat iOS dan Android, para pengamat tetap pesimis atas masa depannya.

Windows RT mendapat sambutan kurang antusias dari banyak kalangan sejak pertama kali diluncurkan. Varian dari Windows 8 ini terlihat kurang mumpuni sebagai platform bila dibandingkan dengan Windows Phone 8. Dukungan bagi platform tersebut juga dianggap tak lebih baik dibandingkan dengan Windows 8.

Seperti dilansir Phone Arena, Senin (13/5/2013), sepertinya hal itulah yang menjadikan analis memprediksi bahwa Windows RT tidak memiliki masa depan atau tak akan bertahan lama.

Wes Miller dari lembaga analisa Directions, menyatakan dirinya tak melihat Windows RT memiliki kekuatan untuk bertahan
hidup dalam jangka panjang. Pendapatnya ini berdasarkan ekosistem aplikasi untuk platform mobile dari Microsoft yang
dinilainya kurang kuat untuk menarik minat pasar.

Bob O’Donnell dari lembaga analisa pasar IDC memiliki penilaian yang serupa. “Windows RT merusak nilai inti proporsi
platform Windows,” katanya.

Sedangkan analis asal Gartner, Carolina Milanesi mengungkapkan bahwa ia tidak bisa melihat bahwa Windows RT akan menjadi kompetitor kuat untuk iOS dan Android. Walaupun demikian, Milanesi beranggapan penjualan tinggi perangkat Windows RT berlangsung saat ini saja sedangkan kelangsungan platform tersebut di masa depan bakalan suram.

Kalangan analis memperkirakan nantinya Microsoft akan terus mencoba peruntungan Windows RT. Microsoft bakal menggunakannya di perangkat dengan prosesor Tegra 4 setelah Windows 8.1 dirilis.

Akan tetapi, jika melihat penjualan perangkat Windows RT saat ini, analis tetap optimis pada masa depan perangkat dengan platform tersebut yang terlihat bakalan tak berumur panjang. ([email protected])