Fokus

Sekilas Laporan Akhir Tentang Beasiswa Bidik Misi ITS 2010

Khusus di Jawa Timur, kegiatan sosialisasi beasiswa Bidik Misi untuk ITS mendapatkan dukungan penuh dari Jawa Pos, termasuk iklan 1/4 halaman. Untuk PTN di Jawa Timur hanya ITS yang dimuat/liput oleh Jawa Pos 10 hari berturut-turut. Luar biasaa….ITS makin top aja.

 

Bapak/Ibu Alumni ITS
 
Sebagaimana diketahui selama kurun waktu bulan Februari-Maret 2010 PP IKA ITS bekerjasama dengan PW IKA ITS gencar memfasilitasi sosialisasi beasiswa Bidik Misi. Beasiswa Bidik Misi adalah Program Diknas, untuk memberi kesempatan kepada murid-murid pintar & ber prestasi tapi berasal dari kalangan ekonomi lemah untuk melanjutkan kuliah di beberapa PTN di Indonesia, penerima beasiswa akan di berikan uang hidup & gratis biaya SPP selama menempuh kuliah, untuk tahun 2010 ITS mendapat kuota 450 orang dari seluruh Indonesia.
 
Bersama ini kami informasikan hasil akhir pendaftaran BEASISWA BIDIK MISI ITS 2010  :
– Jumlah pemohon (berdasarkan PIN yang di keluarkan ITS) adalah 2,685 siswa,
– Jumlah pemohon yang akhirnya mendaftar ON-LINE adalah 2,138 siswa.
 
Walau tidak mencapai target 4,500 siswa yang di berikan Pak Rektor, hasil ini tentu sangat bagus mengingat pendeknya waktu sosialisasi dan banyaknya PTN yang juga membuka kesempatan Beasiswa Bidik Misi Diknas ini (di Jatim di buka 2,000 kursi dari 5 PTN), kita berharap tahun depan (jika diknas masih menyelenggarakan program ini) kita akan lebih baik lagi.
 
Dari 2,138 pelamar, akan di seleksi dan akan di ambil 450 siswa yang berhak melanjutkan kuliah di ITS untuk tahun ajaran 2010.Seleksi Insya Allah akan di umumkan pada 5 Mei 2010.
 
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, ITS adalah salah satu PTN yang sukses dalam penyelenggaraan program ini, baik dari sisi sosialisasi maupun jumlah pelamar.
 
Dibawah ini adalah pelaksanaan sosialisasi beasiswa Bidik Misi : 
  1. PW IKA ITS WILAYAH KEPRI / BATAM, di Batam, 11-12 Febr’10
  2. PW IKA ITS WILAYAH KALTIM, di Balikpapan & Samarinda, 24-28 Febr’10
  3. PW IKA ITS WILAYAH JAKARTA RAYA & YTUB, di Jakarta, 4-5 Febr’10.
  4. PW IKA ITS WILAYAH JAWA TIMUR, di Surabaya melalui media Jawa Pos (iklan & liputan), 16-26 Maret’10.
  5. PW IKA ITS WILAYAH ACEH, di Banda Aceh & Aceh Besar, 12 Maret 2010.

Dalam pelaksanaan sosialisasi, PP IKA ITS juga melibatkan  KLUB GURU INDONESIA, yang sangat membantu dengan memanfaatkan jaringan dan infrastruktur KLUB GURU INDONESIA yang ada diseluruh Indonesia. 

Khusus di Jawa Timur, kegiatan sosialisasi beasiswa Bidik Misi ini mendapatkan dukungan penuh dari Jawa Pos. Berdasarkan laporan dari PW IKA JATIM, bahwa selama 10 hari berturut-turut masuk di Jawa Poas, termasuk iklan 1/4 halaman. Untuk PTN di Jawa Timur hanya ITS yang dimuat/liput oleh Jawa Pos. Luar biasaa….ITS makin top aja.

(disarikan dari laporan Cak Hamdani PP IKA ITS/Kelembagaan Kampus)