Kamis, Oktober 24, 2019
BeritaBerita Wilayah

PW Jabar terus memperkuat jejaring Alumni ITS di Bumi Pasundan

Semangat untuk menjalin silaturahmi dan networking Alumni ITS di Jawa Barat sungguh luar biasa, kali ini pada tanggal 25 Juli 2018 PW IKA ITS Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan HBH dan Silaturahmi Alumni ITS, serta Sosialisasi Aplikasi MIDA & Kartu Anggota IKA ITS di Hotel Amarossa Bandung.

Meski baru melakukan pergantian pengurus di penghujung tahun 2017 yang lalu, sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh PW IKA ITS Jawa Barat, bahkan saat sebagian orang sudah mulai liburan, di pertengahan 2017 PW IKA ITS Jawa Barat mengadakan sharing session tentang leadership dan membangun karir dengan narasumber Dr. Ir. Dwi Soetjipto MM yang juga adalah Ketua Umum PP IKA ITS. Perjalanan karir dan pengalaman Cak DS (panggilan akrab Dwi Soetjipto) saat berkarir di PT Semen Padang sampai menjadi Direktur Utama PT Semen Padang, Direktur Utama Semen Gresik, Direktur Utama Semen Indonesia dan terakhir adalah Direktur Utama Pertamina adalah role model yang menginspirasi bagi alumni ITS di Jawa Barat. Setelah beberapa kegiatan berskala kecil, dibulan Mei 2018 diselenggarakan Tournament Golf Alumni ITS Jawa Barat, setelah beberapa kegiatan sepanjang bulan Ramadhan 1439 H, maka diselenggarakan lagi kegiatan berskala besar yaitu HBH dan Silaturahmi Alumni ITS, Serta Sosialisasi Aplikasi MIDA dan Kartu Anggota IKA ITS.

Lebih dari 120 Alumni ITS hadir di acara HBH dan Silaturahmi Alumni ITS tersebut, nampak senior Alumni ITS di Bandung seperti Cak Faqih Zuhdi (anggota Senat IKA ITS/mantan Direktur PT Dirgantara Indonesia, Cak Chafidz Mahfudz (Dosen Unjani), Cak Ibnu Susilo (Fin Komodo), Cak Sudarmaji dan banyak lagi. Namun yang lebih menggembirakan lagi adalah lebih dari 80% yang hadir adalah Alumni ITS generasi Z dan Millenial, rata-rata berusia 30 tahunan. Ini adalah modal bagi organisasi IKA ITS khususnya PW IKA ITS Jabar, agar dimasa mendatang roda organisasi akan terus bergerak dengan ketersediaan kader-kader yang akan meneruskan tongkat estafet kepengurusan.

Dalam sambutannya Ketum PW IKA ITS Jawa Barat yang akrab dipanggil Cak KBU menyampaikan apresiasinya kepada alumni muda ITS di Jabar yang menjadi motor penggerak berbagai kegiatan, sehingga kepengurusan yang masih baru sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan.  Cak KBU juga memberikan apresiasi kepada senior Alumni ITS yang senantiasa hadir dalam berbagai kegiatan, dengan kehadiran alumni senior sudah memberikan motivasi kepada alumni muda yang hadir dan dalam kesempatan yang baik ini, tentu berharap ada masukan/sharing yang bisa diberikan agar semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang diwariskan.

Untuk memberikan manfaat bagi alumni ITS di Jawa Barat, pada acara tersebut ditandatangani MOU antara PW IKA ITS Jabar dengan Telkom yang berisi kerjasama pemberian tarif khusus bagi Alumni ITS di Jabar yang membeli voucher WiFi dan produk lainnya.

Semangat untuk menata organisasi, ditunjukkan dengan pemberian waktu kepada Pengurus Pusat IKA ITS untuk menyampaikan presentasi dan sosialisasi tentang Aplikasi MIDA dan Kartu Tanda Anggota IKA ITS. Sosialisasi diberikan oleh Cak Arief Hermawan Wasekjen Keanggotaan PP IKA ITS yang juga adalah PIC Program Kartu Anggota IKA ITS. Pada acara tersebut Cak Aher sapaan akrabnya menyampaikan potensi yang dimiliki oleh ITS dan IKA ITS, dengan jumlah Alumni yang mencapai lebih dari 100.000 dan merupakan kelompok komunitas yang memiliki “nilai berharga” karena didukung oleh penguasaan pengetahuan/keahlian tertentu yang sangat dibutuhkan di era Digital, dari sisi pendapatan secara rata-rata Alumni ITS memiliki pendapatan diatas Rp 10 juta sebulan, terbiasa menggunakan perangkat yang terhubung dengan teknologi dan internet dan lainnya adalah “Big Data” yang jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat bagi Alumni ITS, IKA ITS, Kampus ITS bahkan bangsa dan Negara. Melalui Aplikasi MIDA, maka dapat terjadi interaksi antar alumni ITS, Alumni ITS dengan kampus ITS, Alumni ITS dengan IKA ITS , terlebih dengan rencana pengembangan Aplikasi MIDA maka sangat dimungkinkan terjadi interaksi antara Alumni ITS dengan publik dalam konteks delivery skill dan bisnis yang dimiliki Alumni ITS agar dapat diakses dan menjangkau pasar publik.

Dalam konteks keorganisasian, Aplikasi MIDA akan menjadi backbone bagi program Kartu Anggota IKA ITS yang merupakan hasil kerjasama dengan Bank BNI. Selanjutnya melalui Aplikasi MIDA IKA ITS akan mendapatkan kemudahan untuk akses produk perbankan yang ada di BNI. Banyak manfaat jika Alumni ITS memiliki Kartu Anggota IKA ITS, antara lain, sebagaiman diinformasikan pada gambar dibawah ini :