Rabu, Oktober 23, 2019
Fokus

ProLead 2011, harapan sebuah keberhasilan

Luar biasa pelaksanaan ProLead 2011 di Surabaya, 23-24 April 2011. Pesertanya luar biasa, pembicaranya luar biasa, materinya luar biasa, kerjasama yang luar biasa antara PP IKA ITS dan PW IKA ITS Jatim

Proses penyiapan ProLead 2011 yang dimulai sejak Januari 2011 berupa pengiriman pemberitahuan pelaksanaan kerjasama antara PP IKA ITS dengan PW IKA ITS Jatim sebagai tindaklanjut Raker IKA ITS 2010 akhirnya berjalan dengan baik. Semua pihak puas………. tentunya mengobati capek dan peluh dari panitia yang mencoba memberikan yang terbaik sebagai upaya improvement pelaksanaan ProLead 2010. Hanya satu yang sayang,…..yaitu Pak Dahlan Iskan mendadak harus pergi ke Iran sehingga yang awalnya confirm hadir menjadi tidak hadir. Seandainya beliau hadir, tentu jika akan sangat senang mengingat antusiasme yang luar biasa dari peserta ProLead 2011.

Sebelum memberikan liputan lebih detail, panitia PP IKA ITS mengucapkan terima kasih kepada PT. Semen Gresik, PT. Bukit Asam, Otomasi Store dan PT. Semangat Putratama yang telah menjadi sponsor dalam kegiatan ini. Sponsor yang lain masih ada, namun karena merupakan domain dari PW IKA ITS Jatim tidak dapat disampaikan dalam liputan ini.

Beberapa pencapaian yang menggembirakan dalam acara ProLead 2011 adalah :

  1. Antusiasme alumni muda ITS untuk ikut sangat besar. Sempat ada kekhawatiran ada penurunan calon peserta di Surabaya (karena konon tidak semilitan di Jakarta). Namun kenyataannya menjelang akhir penutupan lebih dari 50 alumni muda ITS di Jawa Timur, khususnya di Surabaya mendaftar. Total pendaftar yang dicatat sampai penutupan mencapai 74 orang atau lebih tinggi dibandingkan di Jakarta tahun 2010 sebanyak 53 orang.
  2. Distribusi peserta yang lebih luas dan diikuti oleh 9 peserta dari luar Jawa Timur.
  3. Calon peserta bahkan bersedia untuk membayar supaya bisa ikut kegiatan ini. Tentu menunjukkan mulai tumbuhnya kesediaan untuk berpartisipasi ini tentunya langkah yang bagus.
  4. Pembicara dari IKA ITB, IKA Unibraw dan IKA UNAIR hadir. Ini tentu menunjukkan bahwa keberadaan IKA ITS diakui oleh IKA PT lain. Tingkat kehadiran IKA di ProLead 2011 jauh lebih tinggi dibandingkan ProLead 2010 yang waktu itu hanya dihadiri oleh KAGAMA.
  5. Tingginya solidaritas dan sikap egaliter peserta ProLead, meskipun sangat ingin berdiskusi dengan narasumber, namun memberikan kesempatan bagi peserta lain yang belum berkesempatan.
  6. Tingkat kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan kegiatan ini tinggi. Kepuasan dari sisi materi 88,4%, kepuasan dari sisi pembicara, 89,3%, kepuasan dari sisi penyelenggaraan 91,7%.
  7. Terselenggaranya kegiatan pengkaderan dan pembinaan antara PP IKA ITS dan PW IKA ITS. Diharapkan kerjasama dengan PW IKA ITS Jatim menjadi cikal bakal untuk kegiatan serupa dengan PW IKA ITS lainnya.

Kohesifitas dan kekompakan yang menjadi salah satu target dalam ProLead 2011, dan coba dijabarkan oleh Panitia dalam bentuk mater Outbond dan sesi diskusi khusus antar peserta untuk membentuk kekompakan dan kegiatan bersama, sekilas pada saat berakhirnya ProLead 2011 berjalan sesuai harapan. Mudah-mudahan terealisasi terus menerus secara berkelanjutan dimasa mendatang.

Ada aspek keuangan yang baik dengan penyelenggaraan bersama antara PP IKA ITS dan PW IKA ITS Jatim, sehingga bisa sharing biaya. Manfaat bagi PP IKA ITS dari sponsor yang dikumpulkan tentunya akan diperoleh sisa dana kegiatan yang dapat dipakai untuk persiapan/penyiapan pelaksanaan ProLead Advance 2011 yang direncanakan dilaksanakan pada akhir September 2011. Sehingga dimasa mendatang dapat dikaji pola pengkaderan untuk ProLead Basic oleh PW IKA ITS dengan supervisi PP IKA ITS, sehingga fokus pengkaderan PP IKA ITS nantinya adalah ProLead Advance. Tentu butuh panduan/pembagian tugas yang jelas dan komitmen pelaksanaan oleh masing-masing pihak.

Mohon dibaca/pahami jika disebut ProLead maka setara dengan ProLead Basic.

Pelaksanaan ProLead secara kontinyue setiap tahunnya akan memberikan manfaat besar dari sisi :

1. Terbentuknya database alumni muda ITS yang dapat menggerakan roda organisasi IKA ITS disegala tingkatan.

2. Terbentuknya komunitas-komunitas yang pada akhirnya mampu meningkatkan skill individu dari setiap alumni ProLEad. Pelaksanaan Business Coaching secara kontinyue oleh alumni ProLead 2010 tentunya akan menambah skill individu dan jaringan. Bagitupula kegiatan yang akan dilaksanakan oleh alumni ProLead 2011.

3. Berbagai kegiatan tersedia untuk alumni ITS. Kegiatan-kegiatan mandiri yang dilaksanakan oleh alumni ProLead yang terbuka kepada seluruh alumni ITS, tentu akan menjadi shopping list kegiatan yang bisa diikuti oleh seluruh alumni ITS. Pada akhirnya akan meningkatkan citra IKA ITS dimata alumninya.

4. ProLead menjadi wadah interaksi dan penguatan jaringan antar alumni berbagai jurusan. Ini menjadi semacam kegiatan Kuliah Bersama yang dulu pernah ada di ITS.

5. Menjadi kompetisi positif antar semua angkatan ProLead. Ini akan semakin meningkatkan soliditas alumni ProLead dan penguatan skil individu.

Pencetakan pemimpin Indonesia konon harus melalui LEMHANAS ………….. Mudah-mudahan PROLEAD menjadi salah satu sarana untuk menciptakan lebih banyak dan lebih berkualitas lagi pemimpin dari alumni ITS untuk berbagai sisi profesi.

Mudah-mudahan di kepengurusan PP IKA ITS periode 2011-2015 nanti PROLEAD dapat dilaksanakan secara kontinyu dengan kualitas lebih baik lagi. Amiiiinnn….