Fokus

Persiapan Kongres IKA ITS 2011

Pelaksanaan Kongres IKA ITS tanggal 6-8 Oktober 2011 semakin dekat, serta mengingat acara ini sangat besar karena melibatkan 3 (tiga) kegiatan sekaligus yaitu Kongres, Focus Group Discussion dan Pameran (EXPO) serta cakupan target peserta dan pengunjung yang sangat besar tentu perlu persiapan yang baik untuk mensukseskan acara tersebut. Panitia Pelaksana (OC) Kongres IKA ITS terus menerus melakukan rapat koordinasi secara rutin setiap minggunya, pada bulan Ramadhan ini rapat dilaksanakan setiap hari Sabtu, pukul 15.00 sd 17.30 wib dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Pada rapat terakhir, 20 Agustus 2011 atau rapat terakhir dibulan puasa, sudah cukup banyak kemajuan yang dicapai oleh OC Kongres IKA ITS, meskipun masih cukup banyak hal-hal yang mesti dipersiapkan lebih baik lagi. Rapat tersebut menurut panitia adalah rapat yang paling banyak dihadiri oleh panitia, pada rapat tersebut ada 2 jenis rapat yaitu rapat OC dan Rapat SC. Rapat OC kali ini dipimpin langsung oleh penanggung jawab Kongres IKA ITS yaitu Cak Widodo Santoso (Wakil Ketua Umum Bidang Penguatan Bisnis Alumni ITS) dan dihadiri oleh lebih dari 40 panitia OC, nampak dalam fofoto antara lain Cak Soni (penanggung jawab FGD), Cak Sugiharto (penanggung jawab Kongres), Cak Helim (penangung jawab FGD), Cak Errika sekretaris OC Kongres dan lain-lain. Sedangkan rapat SC fokus pada penghitungan jumlah suara per IKA ITS Wilayah, suara per Komisariat Jurusan dan distribusinya di setiap IKA ITS Wilayah.

Agenda rapat OC yang utama adalah mengenai sponsorship, perlengkapan, HUMAS, persiapan FGD serta persiapan EXPO. Pencarian sponsor selain dikirim melalui kurir/pos ke target perusahaan/alumni juga memanfaatkan kegiatan buka puasa bersama alumni ITS yang dilaksanakan setiap hari Selasa pada bulan Ramadhan. Buka puasa terakhir di rumah Pak Mohamad Nuh (Mendiknas/Ketua Senat IKA ITS) hari Minggu, 21 Agustus 2011 akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menggenjot perolehan dana sponsor yang sampai H-36 baru mencapai 20% dari target. Hal lain yang akan digencarkan adalah HUMAS (target internal alumni ITS dan eksternal masyarakat luas). Untuk itu Tim HUMAS diperkuat dengan mengkaryakan sebagian bidang yang belum bekerja banyak seperti Seksi Acara serta menggandeng Komunitas “Indonesia Technopreneur Community (ITC)”. Pada rapat ini hadir Founder dan Managing Patner ITC Ir. Niko Budianto. Kesepakatan dan komitmen yang diperoleh adalah ITC akan menginformasikan rangkaian kegiatan Kongres IKA ITS 2011 kepada komunitasnya sesuai material informasi/publikasi yang disiapkan oleh panitian Kongres IKA ITS 2011, sedangkan panitia akan memasukan publikasi kegiatan ITC pada seminar kit, serta memunculkan logo ITC pada publikasi panitia Kongres IKA ITS yang masih dimungkinkan (belum dicetak dan tidak ada konsekuensi biaya), serta logo ITC masuk pada running slideshow disela-sela acara Kongres IKA ITS 2011.

Untuk pemateri FGD sejauh ini sudah sesuai target, sudah ada komitmen nara sumber dari Menteri untuk bisa hadir. Sedangkan untuk persiapan EXPO masih perlu publikasi yang lebih baik lagi dalam rangka memastikan 16 standbooth dapat terjual dalam waktu dekat. Menurut laporan Ketua EXPO Cak Helmi Maemozak, proposal Kongres sudah ditranslate ke Bahasa Inggris dan siapa diedarkan, selain itu membutuhkan dukungan dari HUMAS OC Kongres IKA ITS untuk melaksanakan publikasi kegiatan lebih gencar lagi kepada pihak eksternal. Untuk patner ITC, diharapkan dapat membantu mendatangkan minimal 5.000 pengunjung diacara EXPO.

Bagi alumni ITS ataupun masyarakat umum (yang membaca informasi ini) dan ingin berpartisipasi sebagai sponsor ataupunĀ  berminat ikut dalam kegiatan EXPO, di www.alumniits.com pada fitur DOWNLOAD sdh ada proposal kegiatan versi online (format PDF).

 

Vivat ITS…Vivat IKA ITS…Vivat Alumni ITS