Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Palm Pre Smartphone Berlayar Sentuh

NEW YORK, KOMPAS.com – Setelah ditunggu-tunggu, Palm akhirnya merilis Palm Pre, smartphone terbarunya yang berlayar sentuh. Kehadiran Palm Pre akan semakin meramaikan bursa persaingan dengan Apple iPhone, BlackBerry Storm, dan smartphone berlayar sentuh lainnya yang datang lebih dulu.

Bahkan, Palm Pre disebut-sebut memiliki user interface yang jauh lebih baik daripada pesaing lainnya khususnya iPhone. Perangkat tersebut menggunakan sistem operasi teranyar besutan Palm bernama webOS yang dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Aplikasi-aplikasi tersebut seperti susunan kartu yang disusun di layar dan pengguna hanya cukup menggeser tangan untuk pindah dari aplikasi yang satu ke yang lain. Hal ini sangat memudahkan saat pengguna butuh mengecek dua hal berbeda, misalnya membuka agenda di kalender saat sedang mengetik email bisa langsung melakukannya tanpa keluar.

Fitur seperti ini tak mungkin ditemui di iPhone karena untuk berpindah dari satu aplikasi ke lainnya harus ke menu utama. Apalagi di Windows Mobile yang meski multitasking seperti sistem operasi PC namun tak terlalu mengejutkan.

Berbagai notifikasi di Palm Pre juga mendapat perhatian penting dengan ikon khusus yang tersusun di bagian bawah. Saat ada pesan baru baik panggilan, sms, e-mail, atau alarm, tinggal ketuk maka akan ditampilkan pesan tersebut.

Tampilan website di browsernya dapat diatur bebas dengan teknik mencubit seperti pada iPhone. Dengan menggunakan jempol dan jari manis, pengguna dapat melakukan zoom in atau zoom out.

Informasi pusat kontak di webOS dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber seperti dari Google, server Exchange, atau Facebook. Semua kontak dapat dikumpulkan jadi satu sehingga tak perlu pindah-pindah aplikasi.

Secara penampilan, Palm Pre menggunakan layar 3,1 inci. Kameranya memang masih 3 megapixel. WiFi dan GPS juga ada. Bagian bawah layar bisa digeser dan terdapat keyboard manual. Memori bawaannya sudah 8 GB.

Palm Pre untuk pertama kali akan tersedia di pasar AS mulai Sabtu (6/6). Seperti pesaing-pesaingnya, penjualannya akan di-bundle dengan layanan data dalam hal ini Sprint. Harga belinya hanya 199,99 dollar AS namun disertai kontrak langganan selama dua tahun.