Berita

Tradisi Best CEO dari Ketua Umum IKA ITS

Direktur Utama PT Semen Gresik (Persero) Tbk, Ir. Dwi Soetjipto yang juga Ketua Umum PP IKA ITS 2007-2011 berhasil masuk dalam jajaran CEO terbaik di Indonesia, sebagaiman diberitakan di SWA edisi Mei 2009. Hal ini menjadi tradisi yang baik, dimana IKA ITS di jabat oleh orang-orang yang mendapatkan pengakuan terbaik dibidang profesinya.

Menjelang Pemilu Presiden 2009, segenap alumni ITS dan IKA ITS secara khusus mendapatkan kado yang menggembirakan, yaitu Ketua Umum PP IKA ITS 2007-2011 Ir. Dwi Soetjipto, MM mendapatkan pengakuan dengan masuk sebagai C-LEAGUE (CEO LEAGUE) di Indonesia pada tahun 2009 oleh Majalah Swa terbitan edisi 28 Mei -10 Juni 2009. Penghargaan ini merupakan hal yang tepat menginga, semenjak beliau menjabat sebagai CEO PT. Semen Gresik (Persero) Tbk perusahaan milik Pemerintah (BUMN) terbesar dibidang semen di Indonesia menorehkan prestasi yang menggembirakan. Dimulai tahun 2006 (awal kepemimpinan) dengan raihan laba mencapai Rp 700 milyar, pada tahun 2007 meningkat menjadi Rp 1,3 trilyun dan tahun 2008 meningkat lagi menjadi Rp 2,5 trilyun. Periode 2008 tentu menjadi bukti nyata keandalah Cak Dwi sebagai CEO, ditengah turunnya keuntungan industri di dunia karena imbas krisis financial global yang terjadi pada kuartal IV th 2008, justru laba Semen Gresik Group melejit menjadi Rp 2,5 trilyun. Mengutip pernyataan Ketua Umum Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Ir. Urip Trimuryono yang pernah menjadi CEO PT Semen Gresik, pelaksanaan sinergi dan efisiensi dibawah kepemimpinan Ir. Dwi Soetjipto menunjukkan keberhasilan, karena sebelumnya PT Semen Gresik memperoleh keuntungan Rp 500 milyar sudah sangat bagus (dikutip dari Buletin internal GAPURA PT Semen Gresik).

Tangan dingin Cak Dwi di Semen Gresik Group diawal kepengurusan PP IKA ITS ini sangat concern dengan pentingnya kemandirian organisasi dari pendanaan, al. dengan keberhasilannya menggulirkan program Dana Abadi ITS yang saat ini sudah mencapai +- Rp 3,8 milyar lebih. Pembuatan media informasi sebagai gateway komunikasi dan data alumni ITS yang ditargetkan di akhir kepengurusan mencapai 20.000 alumni.

Keberhasilan Cak Dwi Soetjipto masuk sebagai salah satu CEO terbaik di Indonesia melanjutkan keberhasilan Cak Kristiono (Ketua Umum PP IKA ITS periode 2003-2006) yang menjadi CEO terbaik pada tahun 2003 sebagai Best CEO in Indonesia for the 2003 in Investor Relation Category” dari Institutional Investor Relation Group (IIRG) di New York, dan Kantor Berita Reuters Agustus 2003. Keberhasilan KR (panggilan akrab Cak Kristiono) yang lain adalah mampu membawa PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di dunia dengan dan mencatat pertumbuhan terbaik peringkat 6 di dunia. Visi Cak KR adalah membawa TELKOM sebagai pemain bisnis di tingkat regional sesuai hasil RUPSLB tahun 2002 “To Become a Leading InfoCom Company in the Region” menjadi baru “To Become a dominant InfoCom player in the Region”. Istilah Infokom berarti layanan telekomunikasi yang mencakup jasa-jasa yang terkait dengan teknologi tinggi mulai dari telepon tetap, telepon seluler, TV Kabel, komunikasi. 

Tangan dingin Cak KR, di IKA ITS telah melahirkan TENOV (Lembaga kajian bidang industri, IT, dan kelautan) yang pada saat Sidang Majelis Alumni ITS 2006 berhasil meluncurkan Mobil Biodiesel 100% yang dilepas oleh Wapres Jusuf Kalla dan disiarkan langsung oleh Kamerawan Metro TV dan Radio El Shinta yang mengikuti perjalanan mobil dari Istana Wapres ke Hotel Sangrilla Surabaya.

Atas apa yang telah diperoleh dan lakukan Cak KR, maka dia masuk menjadi Tokoh Indonesia versi www.tokohindonesia.com. Menurut penelusuran Tim Redaksi Website IKA ITS, alumni ITS yang masuk dalam jajaran Tokoh Indonesia baru 2 (dua) orang yaitu Cak Muhammad Nuh (Menkominfo) dan Cak Kristiono. Mudah-mudahan dengan keberhasilan Cak Dwi Soetjipto akan menambah daftar alumni ITS yang masuk di Tokoh Indonesia. Tentu siapapun Ketua Umum IKA ITS diharapkan adalah the best pada profesinya masing-masing baik sebagai CEO, Pengusaha, Birokrat dll.