BeritaKiprah AlumniProfil

ITS Juara Umum Pimnas Jadi Kado Dies ke-53


SURABAYA, alumniITS.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dinobatkan sebagai Juara Umum dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXVI, di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis malam (12/9).  Medali emas sebanyak delapan buah berhasil dibawa pulang ke kampus ITS Surabaya, dari ajang bergengsi nasional yang berlangsung 9 – 12 September ini.

Delapan medali emas tersebut diraih ITS dari lomba presentasi. Sedangkan untuk lomba poster berhasil meraih tiga emas. Total dalam lomba presentasi ITS memperoleh delapan emas, satu perak, dan dua perunggu. Masing-masing emas diperoleh dari bidang penelitian dua buah, pengabdian masyarakat (pengmas) satu buah, karya cipta satu buah, gagasan tertulis satu buah, dan teknologi dua buah.

Sedang perolehan total ITS dalam poster adalah tiga emas, tiga perak, dan empat perunggu. Sebagai rinciannya yaitu, tiga emas berasal dari bidang teknologi, gagasan tertulis, dan pengmas. Sedangkan dua perak berasal dari bidang gagasan tertulis dan karya cipta. Sementara empat perunggu berasal dari pengmas dua buah dan karya cipta dua buah.

Hal yang juga cukup membanggakan adalah dengan diraihnya dua medali emas ITS dari bidang teknologi. Keberhasilan ini mencerminkan bahwa ITS merupakan perguruan tinggi yang memang unggul dalam bidang teknik atau teknologi. Selain itu, salah satu medali pada kategori tim favorit dari bidang karya cipta juga menjadi milik ITS.

Dalam Pimnas XXVI ini, ITS telah meloloskan tim terbanyak dengan 44 program kreativitas mahasiswa (PKM) yang berkompetisi. Meliputi empat PKM Kewirausahaan, 16 PKM Karsa Cipta (PKM KC), tujuh PKM Pengabdian Masyarakat (PKM M), enam PKM Penelitian (PKM P), lima PKM Teknologi (PKM T), dan enam PKM Gagasan Tertulis (PKM GT).

“The dream comes true, mimpi itu akhirnya terjadi malam ini,” ucap Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA, Rektor ITS, menyambut kemenangan anak-anak asuhannya di Surabaya, seperti dalam keterangan resmi tertulis yang diterima redaksi AlumniITS.com di Jakarta, Jumat (13/9).

Ia mengatakan sangat bangga atas kerja keras mahasiswa ITS yang telah mewujudkan mimpi besar ini. Hal ini juga tak lepas dari segala dukungan dan bantuan yang telah diberikan seluruh sivitas akademika ITS.

Mantan Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS ini mengaku lega karena momentum tersebut bertepatan dengan hari jadi ITS ke-53 di tahun 2013 ini. “Seperti yang kita lihat tadi (tadi malam, red), semua bersuka cita dan bernyanyi bersama untuk Dies Natalis ITS ke-53,” ungkapnya.

Yogi mengungkapkan masih ada yang perlu dibenahi dari performa kontingen ITS di kegiatan-kegiatan Pimnas selanjutnya. “Tidak hanya kuantitas, kualitas program yang diusung harus dipoles kembali,” tambahnya. Ia pun menekankan akan ada kolaborasi menyeluruh yang akan dilakukan semua sivitas akademika ITS guna mempertahankan piala Adikerta Kertawidya ini.

Menteri Riset dan Teknologi BEM ITS Sony Junianto juga menuturkan, capaian ini merupakan kado indah bagi ITS yang sedang bersuka cita menyambut hari jadinya. “Ini menjadi sebuah ledakan prestasi yang membanggakan,” tuturnya. Bahkan, lanjutnya, hasil ini makin memantapkan komitmen ITS untuk bisa menjadi world class research university. ([email protected])