Serba-Serbi Kongress

Kilasan Perjalanan Kongres IKA ITS 2011

Kongres IKA ITS 2011 tercatat sebagai Kongres yang paling dinamis dan seru diantara Pelaksanaan Kongres tahun sebelumnya (tahun 2007) atau Sidang Umum Majelis Alumni ITS (SUMA ITS, istilah sebelum perubahan AD-ART yang disahkan tahun 2007). Isu-isu tentang Kandidat sudah dimulai sejak bulan Maret 2011 ketika dimunculkan nama pertama kalinya Cak Sunaryo Suhadi oleh alumni Teknik Kimia ITS di milis, yang diikuti dengan diskusi yang ramai tentang mekanisme pemilihan apakah dengan konsep perwakilan seperti yang diatur dalam AD-ART yang berlaku, ataukah mengikuti perkembangan jaman dengan sistem “One Man One Vote” (OMOV).

Diskusi tentang OMOV ramai di milis, mulai dari alumni muda yang progresif seperti Mbes, Ari Widodo, Suwardi, Alex Iskandar sampai partisipasi alumni senior ITS yang juga tokoh partai politik seperti Cak Edi Wahyudi yang paling getol menyuarakan pemilihan secara OMOV, serta paparan yang menarik dari Cak Kristiono (Ketua Umum PP IKA ITS periode 2003-2006).

Bahasa diskusi yang mulai khas Suroboyoan dengan diselingi kata-kata mutiara seperti : D***cuk, G***eli dan lainnya, hingga bahasa yang sangat sopan dan berbau dakwah segala. Namun inilah keragaman dari alumni ITS yang terbingkai dalam wujud Kebhinekaan yang benar-benar diterapkan dalam tata pergaulan alumni ITS.

Untuk memberikan asas keterwakilan yang berkeadilan dan transparan, maka penentuan utusan memiliki formula yang sangat rumit karena menggabungkan data lulusan ITS dengan data aktual alumni ITS yang terdaftar di www.facealumni.com.Selain itu distribusi alumni ITS per jurusan yang tidak merata secara komposisi antar PW IKA ITS turut memberikan kesulitan dalam penentuan utusan tersebut.

Kongres IKA ITS 2011 sangat menarik dari sisi acara, karena pertama kalinya Forum Tertinggi Alumni ITS pada organisasi IKA ITS ini tidak hanya berisi kegiatan “Keorganisasian Semata”, namun diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dalam rangka mempromosikan produk/penelitian dari Kampus ITS (Dosen/Mahasiswa), Alumni ITS dalam acara EXPO TENOV 2011 ataupun kontribusi Alumni ITS pada kebijakan pembangunan nasional yang diwujudkan dalam acara Fokus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Menteri BUMN (diwakilkan), Menteri UKM & Koperasi, Menteri ESDM dan Menteri Pendidikan Nasional serta Menko Perekonomian sebagai key note speach.