BeasiswaBeritaFokusFoto Kegiatan

IKA ITS GOLF CHARITY TOURNAMENT

Untuk kesekian kalinya Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITS menyelenggarakan turnamen golf sekaligus kegiatan sosial berupa penggalangan dana untuk pemberian beasiswa mahasiswa ITS. Sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis ITS ke-58, tournament Golf IKA ITS ini diselenggarakan pada hari Minggu, 18 Nopember 2018 di Ciputra Golf Surabaya. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 200 golfer dari Alumni ITS maupun golfer Alumni Perguruan Tinggi lain berlangsung meriah. Ikut bertanding golfer yang merupakan dosen ITS, Prof Dr Ir Gede Wibawa, MEng.

Pada acara golf tersebut, Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITS (PP IKA ITS) menyerahkan bantuan beasiswa sebesar Rp 500 juta, yang diserahkan secara simbolis oleh Sekjen PP IKA ITS Ir Anas Rosjidi dan Bendahara Umum Ir. Siti Musrifah kepada Rektor ITS Prof. Ir. Johi Hermawan, MSc,ES, PhD.

Pada sambutannya, Ketua Umum PP IKA ITS Dr. Ir. Dwi Soetjipto, MM menekankan tentang pentingnya peran Alumni ITS dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di kampus. Lulusan yang berkualitas akan meningkatkan reputasi kampus ITS dan dalam interaksi antar alumni dan dengan IKA ITS, maka lulusan tersebut akan menjadi sumber daya yang sangat bermanfaat. Pemberian beasiswa secara rutin setiap tahun sebesar Rp 500 juta merupakan wujud nyata kepedulian Alumni ITS dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan ITS. Pemberian beasiswa adalah salah satu dari banyak kontribusi yang Alumni ITS berikan ke kampus ITS, baik secara individu maupun melalui organisasi IKA ITS.

Rektor ITS dalam sambutannya menekankan, ucapan terima kasih atas kontribusi IKA ITS kepada kampus ITS, selama 4 tahun memimpin ITS, beliau menyampaikan banyak kontribusi Alumni ITS kepada kampus. Beasiswa IKA ITS ini akan diberikan kepada mahasiswa yang statusnya adalah biasa saja, dalam pengertian biasa saja untuk berbagai hal, dari aspek akademis, aspek kemampuan orang tua dan lainnya. Karena pada kategori ini, mahasiswa tersebut tidak masuk kriteria berbagai beasiswa yang saat ini ada di kampus ITS seperti beasiswa berprestasi ataupun beasiswa Bidik Misi yang diperuntukan bagi orang tua yang tidak mampu. Terima kasih kepada IKA ITS yang menyerahkan sepenuhnya pengelolaan beasiswa kepada ITS, sehingga keberadaan beasiswa dari IKA ITS ini dapat mengisi ruang kosong yang tidak tercover beasiswa yang ada selama ini.

Pemberian beasiswa setiap tahun Rp 500 juta, maka dalam 1 periode kepengurusan PP IKA ITS dibawah kepemimpinan Cak Dwi Soetjipto, memberikan kontribusi Rp 2 miliar dalam waktu 4 tahun. Tidak hanya PP IKA  ITS, pemberian beasiswa juga dilakukan oleh Pengurus Wilayah, Pengurus Komisariat Jurusan, Individu Alumni maupun yayasan beasiswa yang didirikan oleh Alumni ITS. Diperkirakan ada sekitar Rp 2 miliar pertahun beasiswa Alumni untuk kampus ITS.