Kiprah AlumniProfil

Hasanuddin Ali

Hasanuddin Ali lahir di Gresik 11 September 1977, tercatat menyelesaikan pendidikan strata satu (S1) nya di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) pada jurusan Statistik. Hasanuddin Ali merupakan pendiri dan CEO Alvara Researc Center yang merupakan lembaga penelitian asal Indonesia yang mengedepankan akurasi. Memiliki keanggotaan di ESOMAR (European Social and Marketing Research) serta WAPOR (World Association for Public Opinion Research)

Alvara hingga kini aktif melakukan penelitian selama masa kontestasi politik pemilihan presiden 2019 berlangsung. Elektabilitas dan Popularitas pasangan calon presiden dan wakil pesiden tak jarang menjadi topik penelitian.

Hasanuddin diketahui memilik pengalaman di bidang peneltian selama lebih dari 15 tahun. Pengalaman ini membawanya dan Alvara menjadi salah satu peneliti dan lembaga penelitian yang dapat dipercaya. Sebelum mendirikan Alvara, Hasanudin berkarir di Markplus yang didirikan oleh Hermawan Kertajaya, berbagai penugasan di Markplus menjadikan keahlian dibidang riset yang di miliki Hasanuddin tidak diragukan lagi.

Hasanuddin memiliki pencapaian yang baik dalam mengelola riset seperti terkait barang-barang konsumsi, lembaga keuangan, industri farmasi, telekomunikasi, industri rokok, dan banyak lagi lainnya.

Isu sosial menjadi salah satu isu yang dikuasai Hasanuddin. Ia dikenal sebagai spesialis dalam bidang Marketing Research juga bidang Social and Politics Research.

Hasanuddin juga diketahui sebagai Measurement Tools Development dan Business and Management Analysis.

Menjadi penulis semakin melengkapi aktivitas dan kompetensinya dibidang penelitian. Saat ini telah menerbitkan buku dan paper sebanyak lima (5) buah yaitu :

  • Millenial Nusantara, Gramedia 2017
  • Indonesia 2020 : The Urban Middle Class Millenial, 2016
  • Indonesia Middle Class Moslem : Religiosity and Consumerism, 2017
  • The Portrait of Urban Moslem: Gairah Religiusitas Muslim Kota
  • Membedah 3 Tripologi Umat Islam Indonesia, Relasi Agama dan Negara, 2018

Saat ini Hasanuddin Ali adalah Bendahara Umum IKA ITS Statistika dan anggota di Pengurus Pusat IKA ITS 2015-2019