Berita

Google Luncurkan Layanan Musik Berbayar


SAN FRANSISCO, alumniITS.com  – Google Inc meluncurkan layanan musik streaming berbayar pada Rabu, 15 Mei 2013 di San Fransisco, Amerika Serikat. Kehadiran layanan ini bakal menyaingi Apple yang telah lebih dulu memiliki layanan serupa, yakni iTunes dan layanan musik berbayar lainnya, seperti Spotify.

Layanan musik Google yang diberi tajuk Google Play Music All Access ini diluncurkan dalam acara Google I/O saat acara konferensi tahunan pengembang raksasa teknologi di San Fransisco.

Peluncuran produk terbaru Google tersebut disambut tepuk tangan meriah oleh pengembang yang telah antre untuk menghadiri penjualan Google I/O sejak pukul 05.00 sore waktu setempat. Larry Page, CEO Google, yang tengah menderita kerusakan pita suara, membuat penampilan tak terduga sepanjang konferensi. Ia menyatakan mampu memegang kembali industri teknologi.

Chris Yerga, Direktur Teknik Google, mengungkapkan bahwa pengguna akan dapat melakukan streaming dari penyimpanan besar pada perangkat apapun yang menggunakan sistem operasi Android. “Ini adalah radio tanpa aturan. Ini seperti sebuah sandaran seperti yang Anda inginkan,” kata Yerga. Pengguna akan mudah mencari artis penyanyinya dan menambahkan trek lagu ke dalam penyimpanan mereka. Fitur listen now akan memadukan artis favorit atau genre berdasarkan lagu-lagu yang didengarkan sebelumnya.

Geoff Taylor, kepala eksekutif sebuah label rekaman di Inggris, menyambut baik produk Google tersebut. “Streaming merupakan sektor digital musik yang berkembang paling cepat di Inggris dengan lebih dari sejuta pelanggan yang sudah membayar dan jutaan lebih yang menikmati musik dan iklan pendukung secara gratis. Masuknya pelanggan dengan jangkauan Google akan membujuk lebih banyak konsumen untuk memiliki jutaan lagu yang diputar secara langsung di ponsel, tablet atau PC mereka,” katanya.

Di Amerika Serikat, Google Play Music All Access akan dikenai biaya US$ 9,99 atau sekitar Rp 97 ribu-an per bulan. Spotify Premium, layanan serupa, juga menarifkan harga yang sama. Tentunya ini akan menimbulkan persaingan ketat.

Bagi pengguna yang mendaftar pada 30 Juni akan mendapatkan pengurangan sehingga menjadi Rp 77.906 per bulan. Belum ada pemberitahuan langsung mengenai harga di wilayah lain.

Untuk layanan musik ini, Google telah menandatangani kesepakatan lisensi dengan perusahaan musik termasuk Sony, Universal, dan Warner. Jutaan lagu akan tersedia untuk layanan musik Google yang ditayangkan secara langsung mulai Rabu, 15 Mei 2013. ([email protected])