Berita

Di New York, Mobil Listrik untuk Taksi


NEW YORK, alumniITS.com – Nissan Leaf, sebuah brand kendaraan ramah lingkungan besutan produsen asal Jepang, Nissan, baru-baru ini diketahui telah bergabung memperkuat armada taksi yang ada di kota New York, Amerika Serikat.

Nissan menyumbangkan enam kendaraan yang menggunakan tenaga listrik, untuk melayani para penumpang taksi di kota yang terkenal super sibuk tersebut. Demikian laporan resmi yang dilansir Foxnews, Selasa (23/4)

Program percontohan kendaraan ramah lingkungan yang diusung oleh Nissan ini, rencananya akan berlangsung selama satu tahun.

Pihak dewan Kota New York Kota sendiri telah berencana untuk meremajakan sepertiga armada taksi yang ada dengan menggunakan mobil listrik sampai dengan tahun 2020. Adapun total armada taksi yang ada di kota ini mencapai 13.237 kendaraan.

Pihak Komisi Taksi dan Limusin di kota New York mengatakan, taksi listrik dapat mengurangi emisi gas hampir 90.000 ton per tahun.

Selain itu, jenis kendaraan ini dianggap bisa membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan biaya pemeliharaan karena tidak memerlukan penggantian oli ataupun saringan bensin.

Sebelumnya, pihak dewan kota juga telah menyetujui kehadiran minivan Nissan NV200 yang disebut oleh sebagian kalangan sebagai “kendaraan taksi masa depan”.

Adapun rencana peremajaan armada taksi konvensional dengan taksi listrik akan dimulai pada musim gugur tahun ini. ([email protected])