Berita

Cangkruk Tematik 3 “Ready For Your Own Business”

Pada tanggal 2 Maret 2019, telah dilaksanakan sebuah acara Cangkruk Tematik. Sebuah acara sharing dalam seminar dan diskusi yang diadakan oleh panitia selaku alumni Youth Leadership Camp 5 dengan koordinasi dengan IKA ITS PWJR. Kegiatan kali ini bertajuk “Ready For Your Own Business” dimana fokusnya terhadap pemikiran bisnis bagi pemula agar bisa lebih memahami bisnis itu sendiri. Tema ini dibawa setelah melihat banyaknya potensi Indonesia dalam pengembangan bisnis terutama di zaman yang sudah terdukung oleh teknologi.

Dalam membawa tema ini, dua pembicara yang memiliki pengalaman dibidang bisnis memberikan ilmu atau wawasan yang telah mereka pahami dengan pengembangannya. Ada Ning Eka (Eka Risti Damayanti), Alumni Statistika dan Teknologi Informatika ITS, yang berpengalaman dalam pengembangan ekonomi di daerah-daerah percepatan pembangunan. Beliau telah melalui banyak pengalaman dalam mengmebangkan bisnis atau usaha daerah di daerah Indonesia Timur. Berbagai potensi yang dimiliki oleh semua wilayang yang ada di Indonesia Timur telah beliau manfaatkan dengan bantuan berbagai pihak yakni pemerintah desa dan juga warga yang ada di sana untuk kemudian di operasionalkan oleh daerah untuk meningkatkan perekonomian daerah tersebut. Wawasan tentang potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia beliau kolaborasikan dengan informasi kebutuhan atau permintaan yang ada di luar daerah bahkan ke mancanegara. Sehingga potensi yang dikembangkan ini semakin menjanjikan karena hampir semua potensi tersebut memiliki banyak terget pasat atau potensi permintaan di luar negeri dengan harga yang sangat menjanjikan.

Setelah pemahaman wawasan akan potensi Indonesia yang sangat besar, para peserta tentu perlu memahami bagaimana memulai langkah awal berbisnis itu sendiri. Sehingga acara kemudian dilengkapi dengan pembicara selanjutnya yakni Cak Helmi (Helmi Maemozax), Alumni Teknik Kimia ITS, yang memiliki pengalaman di bidang bisnis terutama bidang energi. Dengan pengelamannya, beliau menjelaskan berbagaihal untuk mendirikan bisnis pada langkah awal yakni business plan. Berbagai point penting beliau tekankan dalam penjelasannya perihal business plan itu sendiri. Berbagai pertanyaan yang harus siap di jawab oleh pebisnis pemula beliau paparkan dengan sedikit tips untuk mencari jawaban atas pertanyaan dasar bisnis tersebut.

Acaran Cangkruk kali ini tentunya berlangsung dengan bantuan berbagai pihak. Seperti yang telah disebutkan di awal yakni IKA ITS PWJR selaku pengawas dan panitia. Tentunya pihak lain yakni sponsor sangat membantu dalam terlaksananya acara ini. Acara ini disponsori oleh PT. SUA yang telah memberikan berbagai fasilitas untuk seminar ini. Selain itu juga acara ini disponsori oleh Ayam Geprek Juara yang menyediakan “suntikan energi” bagi para peserta agar bisa mengikuti kegiatan dengan baik.

Berikut merupakan sedikit cuplikan dokumentasi acara Cangkruk Tematik 3 dengan tema “Ready For Your Own Business”.