Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Ban Irit BBM Versi Consumen Reports


NEW YORK, alumniITS – Banyak produsen karet bundar mengklaim produknya bisa menghemat bahan bakar. Caranya, meminimalisasi daya gesek ban dengan aspal sehingga dapat bergulir lebih mudah. Ternyata, hal tersebut mempengaruhi stabilitas dan kinerja rem.

Consumer Reports (CR), media independen dari Amerika Serikat coba membuktikannya dengan serangkaian tes. Pengujian meliputi hambatan gelinding (rolling resistance), manuver di lintasan kering dan basah. Pengetesan melibatkan beragam merek. Demikian laporan yang dikuti dari autoguide, Kamis (7/3)

Hasilnya, perbandingan antar jenis jalan raya dan varian yang hemat bahan bakar mencapai 1,2 kpl. Kendati demikian, CR menyarankan untuk memilih jenis ban sesuai kebutuhan. Jika lebih mementingkan stabilitas, hemat BBM dilupakan! Faktor yang harus diperhatikan, tekanan angin sesuai dengan petunjuk standar produsen mobil. Biasanya petunjuk tersebut ditempel di dinding dekat pengait pintu depan.

Inilah hasil yang diperoleh CR dengan nilai tertinggi untuk penghematan, stabilitas dan pengereman. Dipisahkan berdasarkan peringkat dan  kecepatan maksimum yang diijinkan.

T (maksimum 190 kpj)
– Michelin Energy Saver A/S
– Cooper GFE

H (maksimum 210 kpj)
– Michelin Primacy MXV4
– Dunlop SP Sport 7000 A/S
– Bridgestone Ecopia EP422

V (maksimum 240 kpj)
– Bridgestone Ecopia EP422
([email protected])