Berita

Personal Helikopter Karya Anak Bangsa

JAKARTA, alumniITS.com – Anak bangsa mulai unjuk kemampuan, melalui situs berbagi video, YouTube, Rossy Windo coba memamerkan sebuah temuannya, Personal Helikopter. Diunggah pada 30 Juni lalu, video ini disaksikan puluhan pasang mata.

Melalui keterangan tertulis, Rabu (10/7) pria berumur 30 tahun ini menjelaskan sebuah helikopter dengan kemampuan terbang solo. Ia mengklaim bahwa temuannya ini bisa membawa seorang awak hingga bobot 70kg.

Untuk menciptakan Personal Helikopter, Rossy mengaplikasikan teori catting blade. Menggunakan dua baling-baling yang berputar berlawanan arah. “Cara ini sangat efektif menghasilkan daya angkat yang lebih kuat,” terangnya melalui deskripsi video ‘Karya Anak Bangsa Uji Coba Helikopter #1’.

Catting blade, kata Rossy juga berfungsi sebagai antitorque reduksi efek putar. Dengan begitu helikopter tak memerlukan baling-baling ekor (tail-blade). “Saya melakukan uji-coba untuk mengetahui kesempurnaan kualitas bahan, konstruksi serta kestabilan baling-baling saat berputar. Semua bahan yang digunakan saya pilih berdasarkan keahlian saya dalam rekayasa bahan dan konstruksi,” lanjutnya.

Kendati diklaim mampu membawa seorang awak dengan bobot 70kg, sayangnya video yang berdurasi 15 detik itu tidak memperlihatkan Personal Komputer meninggalkan landasan.

“Tahap selanjutnya adalah rebuilding masih menggunakan bahan yang semua alternatif kendalanya minim peralatan & bengkel yang bisa membantu hal ini berpengaruh terhadap lama waktu pembuatan dalam rebuild project helikopter #2 nantinya,” terangnya menjelaskan bahwa proyek ini belum sepenuhnya rampung. Dalam deskripsi videonya, Rossy meminta masukan dan kritikan. (endy)