Berita

Sony Xperia Z Ultra, Smartphone Tahan Air


SHANGHAI, alumniITS.com – Sony telah merilis produk smartphone teranyar berbasis Android yang tahan air dengan “layar raksasa” untuk kategori ponsel yaitu 6,4 inci (16,3 cm).

Produk bernama Xperia Z Ultra ini diklaim sebagai yang paling tipis di kelasnya, dan dimaksudkan untuk menggerus dominasi Samsung di segmen tersebut.

Ponsel ini bisa membuat sketsa atau tulisan tangan dengan pensil standar atau pena bermata logam, dan pilihan program stylus.

Menurut riset konsultan pasar Transparency Market Research, Samsung menguasai sekitar 70% segmen superphone dan phablet (persilangan ponsel dan tablet) pada 2012 berkat produknya yang laris manis seperti Galaxy S3 dan Galaxy Note 2.

Belum lama ini, Samsung merilis anggota baru keluarga Galaxy yaitu Galaxy S4 dan Galaxy Mega dengan layar 6,3 inci.

Sony sebelumnya telah memasarkan ponsel 5 inci Xperia Z pada Januari. Sedangkan varian Xperia Z Ultra terbaru ini dirilis di Mobile Asia Expo di Shanghai.

Rencana penjualan perdana adalah di China, Indonesia dan Singapura Juli ini, baru disusul Eropa September nanti.

“Asia Tenggara merupakan pasar utama produk ini karena tren menuju smartphone layar besar lebih kuat di sana,” kata Calum MacDougall, direktur marketing Xperia.

“Namun kami juga melihat adanya tren seperti ini di Eropa. Di segmen layar besar sekarang ini, sebagian besar pembeli tertarik pada Galaxy Note. Sekarang kami bisa menawarkan pilihan yang benar-benar berbeda: layar yang lebih kuat, lebih mudah dibawa, tahan air dan punya perbedaan di program stylus dan pena.”

Sony tidak sendirian mencoba melawan dominasi Samsung. Beberapa bulan terakhir Huawei merilis Ascend Mate 6,1 inci; ZTE meluncurkan Grand Memo 5,7 inci; Acer dengan produk Liquid S1 5,7 inci; Asus dengan FonePad Note 6 inci; dan Lenovo dengan Ideaphone K900 5,5 inci.

MacDougall menegaskan pihaknya memilih mempromosikan kelebihan-kelebihan Sony daripada bersaing dengan produk-produk China dan Taiwan yang lebih murah itu.

Ketebalan Xperia Z Ultra cuma 6,5mm, sedikit lebih tipis dari yang tertipis di pasar sekarang, Huawei’s Ascend P6.

Tidak seperti Xperia Z perdana, varian terbaru ini tak perlu penutup di soket headphone agar terlindung dari air.

Produk ini tahan direndam di air tawar kedalaman 1,5 meter selama setengah jam.

Fitur-fitur lainnya:
• Layar resolusi 1080 pixel dengan perangkat untuk memperbaiki video dan foto berdefinisi rendah
• Kapasitas penyimpanan 16 gigabyte ditambah microSD card 64GB
• Kamera belakang 8 megapixel
• Baterei yang tahan dipakai bicara 11 jam, atau pemutaran audio selama 120 jam yang diklaim Sony sebagai rekor baru
([email protected])