Berita

Windows XP Migrasi Ke Windows 8

JAKARTA, alumniITS.com – Masa-masa kejayaan sistem operasi Windows XP, yang menurut hasil riset IDC (Internet Data Center) masih menguasai 37,73 persen pasaran sistem operasi desktop global, akan segera berakhir. Microsoft akan menghentikan dukungan Windows XP pada 8 April 2014.

Microsoft saat ini sedang gencar mendesak pengguna dan kalangan perusahaan untuk segera meng-upgrade Windows XP ke Window 8. Namun apa sesungguhnya alasan yang tepat agar pengguna bersedia memodernisasi sistem operasi perangkat PC mereka ke Windows 8?

Pada acara live webcast yang diselenggarakan Microsoft Indonesia di Jakarta, Selasa (14/5/2013), General Manager Microsoft Asia-Pacific Jason Lim memaparkan tiga alasan utama kenapa pengguna harus segera beralih ke sistem operasi Windows 8.

1. Sistem dan kinerja Windows 8 lebih modern
Sistem operasi Windows 8 memiliki sistem kerja yang jauh lebih modern dan mudah dibandingkan Windows XP. Hal ini sudah terlihat dari tampilan antarmuka Metro UI yang digunakan. Antarmuka ini memberikan pengalaman atraktif yang memudahkan pengguna terintegrasi dengan berbagai program dan aplikasi lewat halaman utama (start menu).

2. Windows XP tidak mendukung cloud
Bila masa end-of-support (EOS) Windows XP telah memasuki waktunya, setiap PC yang berjalan di atas Windows XP tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan dan perbaikan atau dukungan teknis, yang akan berpengaruh pada tingkat keamanan dan kelangsungan bisnis Anda.

Sektor keamanan akan menjadi sangat rentan karena XP belum terintegrasi dengan sistem penyimpana data berbasis cloud. Berbeda dengan Windows 8 yang memang diciptakan seutuhnya untuk selalu terkoneksi dengan layanan Microsoft SkyDrive.

3. Windows 8 telah mendukung multi-platform
Windows 8 merupakan sistem operasi besutan Microsoft yang dapat berjalan di seluruh basis perangkat, baik itu desktop PC maupun perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Kemampuannya ini mampu mengakomodasi keperluan pengguna masa kini.([email protected])