Fokus

Silaturahmi Alumni ITS : Membuka Jejaring Bisnis dan Meningkatkan Profesionalisme

” Ini untuk mengenal sesama pengusaha,” sebut Hamdani Bantasyam ST selaku Wakil Sekjen PP IKA ITS. Selain itu, diharapkan juga menjadi awal untuk menjalin bisnis antar alumni dari BUMN maupun swasta,

Setelah pertemuan ini dari Pengurus Pusat (PP) IKA ITS juga mengharapkan terbentuknya cluster-cluster bisnis untuk mempermudah dalam sharing ilmu dan pengalaman. “Contohnya alumni di bidang IT akan berkumpul dengan alumni di bidang IT. Begitu pula dengan bidang seperti konstruksi dan perkapalan,” ujar pria yang menjabat sebagai Manajer PT Nalco Indonesia.

Peserta sangat luar biasa antusiasmenya, juga beberapa alumni ITS yang telah menduduki posisi penting di perusahaan-perusahaan besar. Beberapa diantaranya adalah Manajer Petrokimia, Direktur Barata Indonesia, dan Direktur Semen Tonasa. Fokus peserta acara ini adalah pengusaha muda yang berusia di bawah 40 tahun. “Awalnya perkiraan kami sekitar 130 orang, tetapi ternyata yang hadir melebihi ekspektasi yaitu mencapai 150 orang,” ujarnya.

Sambutan baik datang dari Prof Dr Ing Herman Sasongko selaku Pembantu Rektor (PR) 1 yang hadir pada malam itu. “Yang paling penting untuk mencapai reputasi internasional adalah lewat kontribusi nasional. Semoga dengan acara ini dapat diwujudkan, seperti slogan ini,” ujarnya sambil menunjuk backdrop bertuliskan ITS untuk Indonesia.

Secara khusus, fokus utama yang tengah dibahas dalam acara ini adalah terkait networking dan memperkuat jejaring bisnis. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Litbang dan Operasional PT. Semen Gresik. Kali ini, pesan yang ingin dibawa adalah cara berbisnis yang jujur dan jauh dari korupsi.

“Nanti ketika orang melihat entrepreneur dari ITS, mereka akan tahu bahwa bisnisnya beretika,” ungkap Machsus Fawzi ST MT. Ketua Departemen Hubungan Kemahasiswaan IKA ITS ini menuturkan, ini menjadi poin penting baik bagi yang baru memulai bisnis maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia tersebut.

Untuk ke depannya acara serupa juga akan diadakan di kota besar lainnya, seperti Jakarta dan Palembang. Dimana IKA ITS cukup kuat di sana. “Harapan kami di masa mendatang adalah semakin banyak entrepreneur muda dari alumni ITS yang akan mendukung perekonomian Indonesia,” harapnya.

Kegiatan selanjutnya akan di selenggarakan pertemuaan ke 2 di halo Surabaya pada 10 maret 2012 untuk mendetailkan silaturahmi 26 Februari 2012, sekaligus bicara lebih detail apa yang bisa di kerjakan bersama-sama oleh pengusaha/professional muda ini.