Berita

Sepatu Antikekerasan Seksual Buatan Pelajar Bogor

BOGOR, alumniITS.com – Banyaknya kasus perundungan atau kekerasan seksual yang menimpa perempuan, membuat Hibar Syahrul Gafur, siswa SMPN 1 Kota Bogor berpikir tentang apa yang dapat dikenakan perempuan sekaligus dapat menjadi alat bela diri saat terdesak.

Akhirnya Hibar memutuskan untuk menggunakan sepatu sebagai medium kreasinya: sepatu anti kekerasan seksual. Sepatu listrik ciptaannya ini bisa membuat orang yang tersengatnya meringis kesakitan oleh kekuatan listrik sebesar 450 volt.

Bukan hanya itu, orang juga bisa lemas bila ujung sepatu yang dilapisi lempengan besi kecil ditempelkan ke tubuhnya selama semenit. Demikian laporan laman Metrotvnews.

Daya kekuatan listrik 450 volt dihasilkan dari baterai 9 volt yang dirangkai dengan sirkuit dan beberapa komponen. Semua rangkaian dipasang di bagian alas sepatu, dilengkapi tombol on/off dan indikator lampu untuk mengetahui kekuatan baterai. Bila baterainya habis, dapat di-charge seperti telefon genggam. Pada sepatu model dengan kekuatan 470 volt bahkan dapat menyimpan listrik 5 menit meskipun sudah dimatikan.

Hibar Syahrul Gafur adalah finalis Young Investor Award (NYIA) pada September 2012 lewat inovasinya berupa sepatu antikekerasan seksual. Prestasi pelajar SMP ini memang luar biasa, idenya sangat cemerlang sehingga diharapkan hasil karyanya ini bisa direspon untuk memberikan perlindungan terhadap kaum wanita.

Beberapa kalangan, termasuk sekolah dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mendukung Hibar sehingga bisa menyempurnakan karyanya untuk dipamerkan di Malaysia. Hasil kreasinya ini kemudian membuatnya berhasil meraih medali emas dalam International Invention, Innovation and Technology Exhibition ke-13di Malaysia, 9 – 11 Mei 2013, untuk kategori keamanan dan kesehatan. ([email protected])