Berita

Profile Ketua IKA ITS Jakarta Raya

Sunaryo Suhadi yang lebih dikenal dengan Cak Yo ini adalah alumni Teknik Kimia ITS angkatan 1977. Semasa kuliah aktif di organisasi kemahasiswaan baik di kampus maupun ekstra kampus dan pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa Teknik Kimia ITS (sekarang Himpunan Mahasiswa). Setelah lulus kuliah sempat bekerja di PT. Berca, namun karena jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan yang dimilikinya, maka bersama rekan-rekannya pada tahun 1992 mengambil alih perusahaan konstruksi nasional yang pernah menjadi anak perusahaan dari Grup SUMMA, dan menggantinya menjadi PT. Satyamitra Surya Perkasa (www.ssp.co.id). Perusahaan tersebut saat ini telah menjadi salah satu perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia.

Cak Yo menunjukkan dedikasinya pada almamaternya dengan menjadi Ketua IKA ITS Teknik Kimia ITS Jabotabek menggantikan Ketua Teknik Kimia ITS Jabotabek pertama kali Cak Ida Bagus Agra Kusuma (sekarang Direktur Pemasaran PT Pupuk Kalimantan Timur) pada tahun 1992. Setelah digantikan oleh Cak Okki Oktardiono sebagai Ketua IKA ITS Teknik Kimia ITS Jabotabek, Cak Yo tetap aktif di dunia alumni melalui “provokosinya” dibidang entrepreneur dan mempopulerkan istilah entrepreneur melalui kegiatan wirausaha melalui Seminar Kewirausahaan pada tahun 2003 di Gedung Pegadaian Jakarta dengan menghadirkan tokoh pengusaha muda yaitu Muhammad Lufi (Ketua Umum BPP HIPMI) sekarang menjadi Kepala BKPM dan pakar entreprenuer Purdi E. Chandra (pemilik waralaba Primagama dan beberapa waralaba lainnya). Kegiatan tersebut menjadi titik balik bagi beberapa alumni, karena ada yang langsung keluar kerja dan menjadi pengusaha setelah mengikuti acara tersebut. Memiliki hobi koleksi waralaba yang sudah proven seperti 5 buah waralaba Primagama dan 3 buah waralaba Purwacaraka Band. Konsep tentang entreprenur yang terkenal adalah “wis nyemplung dhisik, gak usah dipikir maneh”. Karena menurut Cak Yo,..menjadi pengusaha adalah menghilangkan sikap seperti seorang profesional yang selalu berkutat pada “angka-angka layak atau tidak”.Saat ini bersama pengusaha Top dari ITS lainnya membentuk Grup Media Karya Sentosa dengan eksekutif juga mayoritas dari ITS. 

Saat ini Cak Yo dipercaya menjadi Ketua IKA ITS Jakarta Raya dan Luar Negeri periode 2008-2012 dengan beberapa program unggulan antara lain adalah Forum Eksekutif ITS, Mentor Bisnis, Promosi ITS di Jakarta bekerjasama dengan ITS.