Kiprah AlumniProfil

Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng

Prof.Dr.Ir.MochamadAshari,M.Eng. lahir di Sidoarjo, 12 Oktober 1965. Menempuh pendidikan S1 Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya lulus tahun 1989, kemudian melanjutkan pendidikan S2 Teknik Elektro di Curtin University Australia tahun 1997 dan terakhir melanjutkan pendidikan S3 Teknik Elektro di Curtin University Australia tahun 2002.

Riwayat karir beliau pernah menjadi Rektor Universitas Telkom yakni Mengelola universitas baru (Universitas Telkom) hasil penggabungan 4 perguruan tinggi pada tahun 2013-2018. Ketua FORTEI (Forum PT Teknik Elektro Indonesia) 2010-2012. Wakil Ketua FORTEI 2007-2010. Sekretaris Senat ITS  2011-2013. Ketua Jurusan T Elektro ITS 2003-2011.

Penghargaan yang pernah diterima oleh beliau yaitu penghargaan Rektor Inspiratif yang diberikan oleh Majalah Man Obsession 2007, Satya Lancana Karya satya 20 tahun 2012 yang diberikan oleh Presiden RI, Satya Lancana Karya satya 15 tahun.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengukir prestasi membanggakan dengan mendapatkan penghargaan sebagai terbaik pertama Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI. Penghargaan ini diberikan pada acara Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Program, Kegiatan, dan Anggaran Triwulan I 2019 di Jakarta.  ITS berhasil menjadi PTN-BH yang terbaik, setelah pada 2016 lalu pernah mendapatkan peringkat terbaik kedua sebagai PTN BLU. Meskipun berstatus PTN-BH termuda di Indonesia, ITS sudah mampu menunjukkan perkembangannya dengan baik. Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan bahwa ia sangat bersyukur ITS bisa meraih penghargaan yang sangat baik ini dan menyampaikan bahwa apa yang diraih ITS tidak lepas dari pondasi dan kinerja serta kontribusi yang telah diberikan oleh pimpinan ITS sebelumnya.

Untuk kali pertama, ITS berhasil menyandingkan namanya dengan jajaran universitas dunia dalam Times Higher Education World University Ranking (THE) 2019 yang dikeluarkan oleh lembaga Times dari Inggris. Dalam prosesnya, terdapat 13 indikator kinerja yang dinilai dengan saksama untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang, yang dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin universitas, industri, dan pemerintah. Tak tanggung-tanggung, untuk pemeriksaannya sendiri turut melibatkan kantor jasa profesional PricewaterhouseCoopers (PwC) yang saat ini merupakan kantor jasa pemeriksa terbesar di dunia.

Pada tahun 2019 pula, dalam masa kepempimpina Mochamad Ashari, mahasiswa terus menambah prestasi di tingkat dunia.Tim Bayucaraka ITS dengan robot terbangnya berhasil memenangkan tempat pertama dalam kompetisi 2019 Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di Istanbul, Turki.

Tim Ocean Underwater Robotics Club (OURC) Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan (Himatekla) ITS raih pengharaggan Special Award dalam Marine Advanced Technology Education Remotely Operation Vehicle (MATE ROV) 2019 Regional Asia Tenggara (ASEAN) beberapa waktu lalu. Serta tentu saja dibidang otomotif lomba hemat bahan bakar berhasil mempertahankan posisi puncak.