Selasa, Oktober 22, 2019
BeritaFokus

Presiden Jokowi Apresiasi Rekomendasi Maritim dari IKA ITS

img-20161102-wa0076Presiden Republik Indonesia tanggal 1 November 2016 menerima audiensi Ikatan Alumni ITS di Istana Negara. Pada pertemuan tersebut Ketua Umum IKA ITS Dwi Soetjipto memperkenalkan ITS dan IKA ITS serta pemikiran IKA ITS, salah satunya Alumni ITS memberikan apresiasi yang tinggi atas strategi pembangunan Pemerintah dibawah kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi yang memfokuskan pembangunan di sektor maritim. Setelah puluhan tahun bangsa Indonesia memunggungi laut, maka di era kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi menjadikan laut sebagai masa depan Indonesia. Alumni ITS memberikan dukungan pada upaya meningkatkan daya saing Indonesia melalui program “Tol Laut” yang diharapkan dapat menumbuhkan pusat ekonomi baru, mendistribusikan pembangunan ke daerah untuk menciptakan kemakmuran yang merata. Sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki sejarah panjang di sektor maritim dengan keberadaan Fakultas Teknologi Kelautan serta dijadikannya ITS sebagai pusat penelitian maritim di Indonesia, maka Ikatan Alumni ITS mencoba memberikan kontribusi untuk mendorong akselerasi pembangunan ekonomi maritim mellalui berbagai kegiatan seminar dan workshop untuk menajamkan hasil-hasil FGD tersebut yang tertuang dalam Buku Rekomendasi Kebijakan “INDONESIA POROS MARITIM DUNIA”
Membangun Indonesia Menjadi Negara Maritim Yang Mandiri, Maju dan Kuat.

Pada audiensi tersebut, juga disampaikan Alumni ITS juga memberikan apresiasi atas upaya menjadikan energi sebagai penggerak ekonomi bangsa serta memberikan kesempatan bagi saudara-saudara kita di berbagai pelosok negeri untuk menikmati kemudahan mendapatkan BBM dan harga yang sama dengan saudaranya di Jawa. Kebijakan satu harga BBM di seluruh Indonesia adalah bentuk perhatian Pemerintah bagi upaya pemanfaatan energi untuk kemakmuran masyarakat Indonesia di seluruh pelosok, bahkan di pulau-pulau terluar Indonesia. Beberapa hari yang lalu, bekerjasama dengan ITS sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ITS, maka tanggal 29 Oktober 2016 telah dilaksanakan Talk Show Kemandirian Energi, serta tentu saja dukungan Alumni ITS bagi upaya membangun kemandirian industri dan energi dengan mendukung kampus ITS mengembangkan berbagai inovasi salah satunya motor listrik ITS yang saat ini sedang proses uji coba menempuh perjalanan Jakarta-Bali.

Pada kesempatan audiensi tersebut, Ketua Umum IKA ITS juga menambahkan bahwa IKA ITS yang memiliki 16 Pengurus Wilayah dan 23 Pengurus Komisariat Jurusan akan terus memberikan masukan dan kontribusi nyata dalam membangun Indonesia, serta infrastruktur IKA ITS yang menyentuh daerah tersebut semoga dapat bermitra dengan Pemerintah dalam berbagai kegiatan yang menyentuh masyarakat.

Ketua Dewan Pakar IKA ITS menambahkan bahwa ITS adalah perguruan tinggi di bidang maritim tertua dan terbesar di Indonesia yang memiliki laboratorium Hidrodinamika terbesar di Asia Tenggara, yang menjadi modal berharga bagi Indonesia untuk membangun industri maritim yang kuat #maritim #kemandirianenergi #ITS