Selasa, Oktober 22, 2019
Fokus

Penting Partisipasi Alumni ITS Pada Setiap Kegiatan IKA ITS

Pengurus Harian PP IKA ITS yang terdiri atas Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Ketua Bidang, Sekjen, Wasekjen, Bendahara dan Wakil Bendahara untuk pertama kalinya mengadakan rapat pengurus harian yang pertama tanggal 16 Nopember 2011 di Financial Club, Graha Niaga lt 28, Jl. Jend. Sudirman Jakarta Selatan. Rapat berlangsung dari jam 19.30 sd 24.15 wib.

Rapat tersebut diikuti oleh 26 Pengurus Harian dan Ketua Dewan Pakar. Antusiame pengurus sungguh luar biasa, bahkan beberapa pengurus non harian menyempatkan diri untuk hadir dan memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan rapat tersebut. Agenda rapat pengurus harian ini meliputi : Sinkronisasi dan koordinasi program kerja hasil Raker Cilegon, Tindak lanjut hasil Kongres IKA ITS : Rekomendasi Kebijakan, Pembentukan Tim Adhoc untuk OMOV, Penetapan kantor IKA ITS yang baru di Jakarta sebagai pengganti kantor di Tebet, Kartu Alumni ITS-BNI Card dan program pendanaan kegiatan IKA ITS, Kegiatan akhir tahun IKA ITS dan agenda lain yang muncul pada saat rapat dan disepakati untuk dibahas. Pengurus yang hadir sesuai absen adalah :

No Nama No Nama
1 Dr. Ir. Irnanda Laksanawan, M.Sc. Eng  17 Drs. Thontowi Djauhari
2 Ir. Ridwan M. Hisjam 18 Ir. Firmansjah, CES
3 Dr. Ir. Gunawan Adji, MT 19 Ir. Harjanto
4 Drs. Bambang J. Pramono 20 Ir. Toeloes Budi Wicahyono
5 Ir. Lukman Mahfoedz 21 Ir. Soni Sindora Sontani
6 Ir. Satya Widya Yudha, MSc 22 Ir. Nachoda
7 Ir. Didiet Kus Sam Radityo 23 Dr. Ir. Samudro, M.Eng
8 Moh Lutfi Handayani, MM, MBA 24 Ir. Irsan Haroen, MBA
9 Ir. Widodo Santoso, MBA 25 M. Ade Irfan, ST
10 Ir. Sukandar 26 Ir. T. Bob Iskandar, SE, CIP, MSTI’s
11 Ir. Suharto 27 Ir. Sugiharto
12 Ir. Ketut Rumandiana 28 Ir. Tri Rachmanto Isbudi
13 Ir. Non Supri Anwar 29 Ir. Bagiyo Riawan
14 Januar Setyo Widodo, ST 30 Mustakim
15 Ir. Pudji Asmanto 31 Ir. Hesti Nugraheni, MM
16 Diana Fajarwati, ST 32 Arief Hermawan, ST

Secara garis besar, program kerja dari 22 bidang kepengurusan merupakan 7 (tujuh) buah program besar, yaitu :

  1. Penguatan Organisasi,
  2. Database & Knowledge Management,
  3. Talkshow/Roundtable Discussion,
  4. Business Summit/FGD/Gathering (skala besar-kecil),
  5. Capacity Building (melalui pelatihan, sertifikasi, pendampingan dll)
  6. Media Ekspose
  7. Penataan dan Penguatan Kelembagaan di IKA ITS (TENOV dll)

Pada sesi pandangan/masukan dari Para Ketua Bidang memberikan banyak masukan yang konstruktif untuk kinerja IKA ITS kedepan, antara lain :

1.   Dewan Pakar akan mengadakan rapat 1-2 minggu kedepan, guna memberikan masukan kepada Pengurus Pusat terhadap program/kegiatan, khususnya isu-isu yang relevan untuk diangkat oleh PP IKA ITS berdasarkan kluster yang ada dibawah Dewan Pakar.

2.    Forum Eksekutif bisa dihidupkan lagi dengan format yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

4.   Memperkuat database alumni, dengan melanjutkan dan meningkatkan program database yang sudah dirintis pengurus sebelumnya.

5.      Pemberdayaan wilayah penting dan dapat menjadi filter awal serta promosi tokoh alumni ITS yang ada didaerah tersebut.

6.       PP IKA ITS agar menyusun masukan ke pihak kampus perihal pilihan ke mahasiswa terhadap profesi yang ada serta pilihan menjadi entrepreneur.

7.     Papua memiliki potensi yang tinggi dan merupakan tanah harapan, sebaiknya ITS agar fokus pada penilitian di Papua khususnya sektor energy terbarukan yaitu etanol dari pohon nipah, karena di Papua merupakan hutan nipah terbesar didunia.

8.   Perlu melakukan pemetaan disetiap instansi Pemerintah/Swasta agar tidak ada generasi alumni ITS yang putus.

Peran alumni ITS sangat berarti bagi IKA ITS, kualitas keberhasilan kegiatan dirasakan akan lebih baik dan bermanfaat jika melibatkan partisipasi alumni ITS dalam pendanaan kegiatan tersebut. Meskipun kegiatan bisa didanai dari sponsor, namun nilai keterikatan dengan alumni akan menjadi lemah.

Untuk itu dalam kegiatan kedepan IKA ITS akan melibatkan partisipasi alumni ITS, melalui iuran tahunan, sumbangan beasiswa, sumbangan bencana alam yang dikumpulkan dengan cara debet dari Kartu Alumni ITS-BNI Card. PP IKA ITS akan membuat pedoman iuran kepada alumni, yaitu Rp 25 ribu pertahun, Rp 50 ribu per tahun Rp 100 ribu pertahun, serta sumbangan beasiswa, sumbangan bencana alam.

Pelibatan alumni ITS ini akan diumumkan melalui website, perkembangan alumni ITS berpartisipasi dalam iuran anggotan, sumbangan beasiswa, bencana alam dll akan diumumkan diwebsite, termasuk pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut. Untuk itu bidang kebendaharaan telah melakukan terobosan, berupa cara koordinasi yang baru dan efektif dengan Tim BNI Card yang baru. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama jumlah alumni ITS pemegang BNI Card – Alumni ITS akan meningkat.

Selain itu akan dibuat merchandise yang etalasenya dapat dilihat di website www.alumniits.com, alumni dapat melakukan pemesanan pada merchandise tersebut dan diharapkan dapat lebih meningkatkan kedekatan antara IKA ITS dan alumni ITS.