Fokus

Menumbuhkan Daya Saing Bangsa Melalui Internet Entrepreneurship Dari Rumah

SURABAYA Potensi berbisnis melalui internet sangat besar, karena menurut data dari APJII (Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) jumlah pelanggan internet di Indonesia mencapai lebih dari 40 juta. Jumlah pelanggan internet akan menembus angka diatas 100 juta orang, jika memasukkan estimasi data pengguna HP otomatis juga akan memanfaatkan berlangganan internet yang murah dan gencar ditawarkan operator. Indonesia saat ini merupakan pengguna Facebook nomor 2 terbesar se dunia setelah USA dengan pengguna mencapai 40 juta orang. Selain itu dukungan pembayaran via online dari perbankan ataupun PayPal akan turut mendukung penetrasi bisnis internet di Indonesia.

Mengukir prestasi terbaik bagi kepentingan bangsa dan Negara tidak hanya domain atlet semata, intrepreneur Indonesiamemiliki kesempatan yang sama besar pula untuk berprestasi ,  utamanya dalam meningkatkan daya saing bangsa di tengah derasnya arus globalisasi. Sejalan dengan tujuan tersebut Prolead 2011 kelompok  Alumni Muda ITS menggelar Seminar bertajuk Internet Homepreneur 2011 (Ihomepreneur 011) di Ruang Pertemuan Telkomsel Indonesia Gedung BRI Tower Surabaya pada 20 Nopember 2011. Lebih istimewa lagi Ihomepreneur 011 ini masuk dalam rangkaian Global Entrepreneurship Week GEW 2011 yang di gelar oleh Indonesia Technopreneur Community, dengan Mitra Penyelenggara UCEC  dan @America untuk menciptakan jejaring internasional dan mengikutsertakan generasi muda dan para entrepreneur di Indonesia. Acara ini masuk dalam agenda GEW Indoensia dapat dapat dilihat di http://www.gewindonesia.com/post/265/ika-its/

Ihomepreneur 011 yang dihadiri  masyarakat umum, mahasiswa dan  alumni ITS ini mampu  memberikan motivasi,  pembekalan , dan pemahaman untuk memulai bisnis internet dengan keluarga dari rumah dengan  media penjualan di internet seperti tokopedia,facebook, saft7,otomasi, dan sebagainya. Peserta dikenalkan internet sebagai media wirausaha, cara-cara melakukan  penetrasi pasar yang lebih mudah dan detail  alternatif kemudahan transaksi yang aman. Gunaris, ST.,MA-Ed.,MIT., CFA, CEM, CEECS the CEO of Otomation groups salah satu dari tiga pembicara yang memiliki pendapatan bersih lebih dari 5 Milyar pertahun dari bisnis melalui media  Internet ini menjelaskan bahwa  tidak hanya dibutuhkan penguasaan teknis wirausaha melalui media internet  saja namun juga diperlukan tekad kuat  berkesinambungan untuk membesarkan usaha tersebut. Setiap kali berupaya mengusai hal baru dia harus merelakan mengurangi jam tidurnya hingga dirinya mampu menguasai dan leading diatas orang lain. Bagi peserta yang ingin melakukan konsultasi start bisnis pasca pelatihan, salah satu pembicara Cak Gunaris bersedia memberikan konsultasi/asistensi disela-sela kesibukan sebagai pengusaha.

Melalui hasil angket yang disebar keseluruh peserta didapatkan nilai kepuasan diatas 75% atas materi, kulitas pembicara dan fasilitas pendukung yang disediakan. Rata-rata peserta mengharapkan agar acara internet home entrepreneur atau sejenisnya bisa  diadakan secara rutin, baik dalam bentuk seminar maupun workshop atau pelatihan.

Berbagai pihak yang telah membantu kesuksesan acara ini adalah PT Semen Gresik, Telkomsel Indonesia, media patner Komputek, dan dibantu oleh donasi-donasi dari berbagai jurusan alumni ITS. “Kami juga memberikan semacam beasiswa atau gratis tiket masuk acara untuk mahasiswa yang ingin berwirausaha, karena ini adalah komitmen kami sebagai alumni kepada adik-adik mahasiswa di ITS, karena besar harapan setelah acara ini semua peserta minimal mempunyai satu bisnis online yang tidak banya membutuhkan  namun hanya kreatifitas dan kesabaran dalam marketing”, papar Abdul Ghofur selaku ketua penyelenggara.

Lebih lanjut Abdul ghofur menjelaskan Prolead 2011 alumni muda ITS sebagai penyelenggara Ihomepreneur 011 berupaya memberikan kontribusi kepada masyarakat baik di lingkungan dalam keluarga besar alumni  ITS maupun masyarakat luas, karena bangsa ini harus bergerak maju dan harus terus berubah menjadi lebih baik untuk dapat mencapai kemandiriannya. Semoga semangat Prolead 2011 dengan seluruh agenda kegiatan dapat diterima masyarakat dan didukung sepenuhnya oleh seluruh alumni ITS di Indonesia dan diseluruh belahan dunia.