Fokus

Membangun Networking Melalui Buka Puasa Alumni ITS

Buka puasa alumni ITS sudah bukan sekedar silaturahmi semata, namun sudah menjadi salah satu sarana efektif untuk membangun networking.

(pada foto tsb, Pak Lukman Mahfud mewakili Ketua Umum PP IKA ITS didampingi Pak Djawahir Adnan/Sekjen menyerahkan buku Inspiring To Success kepada Pak Dahlan Iskan). Pada awalnya kegiatan buka puasa alumni ITS hanya dilakukan di Jakarta setiap minggunya, namun sejak tahun 2009 tradisi ini juga diadakan di Surabaya. Bahkan pada tahun 2010 ini kegiatan buka puasa di Surabaya lebih banyak daripada di Jakarta. Mengapa buka puasa bisa menjalin networking dan penguatan karir/bisnis?. Jawabannya buka puasa dilaksanakan di rumah senior/tokoh alumni ITS yang tentunya akan dihadiri oleh alumni ITS dari berbagai level (junior – senior) dan (sukses – baru merintis). Imbas yang diperoleh adalah terjadi interaksi yang saling menguntungkan antar alumni ITS. Bahkan kegiatan ini dapat juga dijadikan sebagai sarana untuk mengupdate pengetahuan, seperti pelaksanaan buka puasa di rumah Pak Muhammad Nuh (Mendiknas) dengan pembicara Pak Dahlan Iskan (Dirut PLN), dari kegiatan ini banyak diperoleh tips-trik memanage perusahaan. Bagi alumni ITS yang berada di BUMN dan Pemerintahan dapat bertanya langsung mengenai peraturan pengadaan barang/jasa Pemerintah sesuai dengan Perpres yang baru, karena Pak Agus Rahardjo (Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) selalu hadir di acara buka puasa alumni ITS. Tidak mau masuk penjara/ditangkap KPK, tentu bertanya langsung ke Pak Agus Rahardjo menjadi lebih afdol dan akurat.

Sedangkan alumni ITS yang sangat senior seperti Pak Bukhori Nasution (Alumni T. Mesin) yang sangat terkenal dikalangan kampus maupun alumni, juga Ibu Ida Ferdiinandus srikandi alumni Teknik Elektro yang rajin mengetuk hati alumni ITS untuk berbagai kepada sesama yaitu pendirian sekolah gratis bagi kalangan yang tidak mampu. Dapat kita jumpau pula Komisaris Besar Moch Arifin, alumni Teknik Kimia angkatan 1983 yang sekarang menjadi komandan Pusat Pendidikan dan Latihan BRIBOM (pasukan tempur dari kepolisian yang disegani). Pak Agus Widjanarko yang mengajarkan materi Networking di acara ProLead nampak selalu hadir, ini merupakan konsistensi dari materi beliau yang menghimbau alumni ProLead untuk hadir disetiap acara IKA ITS, dan buka puasa merupakan salah satu sarana yang efektif untuk membangun jejaring alumni ITS. Pada saat buka puasa di Surabaya juga dijejali oleh alumni ITS, tercatat pada saat buka puasa di rumah Pak Moh Jaelani, senior yang hadir seperti Pak Dwi Soetjipto, Rektor ITS Prof. Priyo Suprobo, Pak Tedjo, Pak Jamil dll.

Dari sisi kepesertaan buka puasa, khusus di Jakarta selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, untuk alumni muda ITS semakin banyak yang ikut acara buka puasa tersebut. Sedangkan antusiasme di Surabaya juga sangat tinggi, sehingga waktu buka pausa di Pak Dwi Soetjipto sampai disediakan bus untuk mengangkut alumni muda ITS. Ini tentu hal yang baik, karena tidak adanya GAP antara alumni muda dan tua, serta tentunya akan semakin banyak dirasakan kemanfaatan IKA ITS dan jaringannya, yang akan menumbuhkan minat bagi alumni muda ITS untuk aktif di kegiatan IKA ITS.

Kegiatan buka puasa juga menjadi forum untuk berbagi bagi sesama, sehingga diacara ini akan dijumpai pula kegiatan pengumpulan dana untuk membantu sesame alumni, seperti : Barito. Ataupun kegiatan sosial keagamaan lainnya.