Kiprah AlumniProfil

M. Kuncoro Wibowo

M. Kuncoro Wibowo lahir di Tulungagung 3 Maret 1968,  beliau lulusan S1 jurusan Teknik Elektro Telekomunikasi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya

Saat ini Perjalanan karir M Kuncoro Wibowo sebelum beliau menjadi Direktur Utama BGR Logistic beliau merupakan Staff Ahli IT Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Agustus 2017-Agustus 2018) -Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) (September 2016-Agustus 2017) -Direktur SDM, Umum, dan Teknologi Informasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Juni 2012-September 2016) -EVP Sistem Informasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) (Oktober 2009-Juni 2012) -Group Head NOC and Field Operations PT Mobile-8 Telecom (April 2007-Oktober 2009) -GM Network Planning and Engineering PT Natrindo Telepon Selular (April 2005-Aoril 2007) -Manager VAS and Switching Design Engineering PT Excelcomindo Pratama (Januari 1995-Juli 2005).

Ignasius Jonan adalah sosok mentor dan guru bagi M Kuncoro Wibowo yang dalam suatu kesempatan saat kunjungan ke media menyampaikan pernah dimarahi Pak Jonan semenjak Tol Pasteur Bandung sampai Kuningan Jakarta saat beliau masih menjadi Dirut PT KAI. Transformasi bisnis PT KAI saat itu baru berhasil saat diimplementasikan IT sehingga penumpang menjadi lebih teratur dan tidak ada lagi yang naik di atap. Saking percayanya Ignasius Jonan, saat menjadi Menteri ESDM minta bantuan ke M Kuncoro untuk mendesain sistem ESDM One Map mampu tersinkronisasi dalam aplikasi Amora berkat kerja keras dari Muhammad Kuncoro Wibowo. Jonan tampaknya lebih percaya memberi amanah kepada Kuncoro dibandingkan orang-orang di Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) ESDM.

Baru beberapa saat menjadi nahkoda di BGR, M Kuncoro Wibowo sudah mendapatkan pengakuan dengan menerima dua penghargaan dalam ajang Anugerah BUMN 2019 sebagai CEO Visioner Terbaik kategori Emerging BUMN dan BUMN Emerging dengan Inovasi Teknologi Terbaik Pertama di Jakarta, (2019). Sebagai BUMN yang bergerak di sektor jasa logistik, BGR Logistics terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Selain itu, Direktur BGR Logistics dinobatkan sebagai CEO Visioner Terbaik kategori BUMN Emerging dalam ajang bergengsi tersebut.

Dalam kurun waktu yang sangat singkat, BGR Logistics telah membangun aplikasi Warehouse Integrated Application (WINA) dan Fleet Integrated and Order Monitoring Application (FIONA), yaitu aplikasi yang memberikan perbaikan pelayanan pada pelanggan.

Selain itu, BGR Logistics telah berhasil menerapkan ERP-SAP per 1 Januari 2019, dan berbagai pengembangan sistem aplikasi office support lainnya. BGR Logistics sekarang menjadi Digital Logistics Company untuk membedakan perusahaan logistik lainnya.