Selasa, Oktober 22, 2019
Fokus

Luar Biasa Pelaksanaan Business Summit IKA ITS 2010

Luaarrr……Biasaa….. Sukses dan Memberikan Kesan. Begitulah hasil dan opini dari siapapun yang ikut dalam acara Business Summit IKA ITS tgl 23 Juni 2010. Wapres Prof. DR. Boediono memberikan apresiasi dan salut atas kegiatan ini, Menteri Pekerjaan Umum Ir. Joko Kirmanto memuji pelaksanaan dan mengakui bahwa IKA ITS adalah satu-satunya Ikatan Alumni Perguruan Tinggi yang memelopori kegiatan yang baik ini.

Yaa…..setiap alumni ITS yang hadir pada acara Business Summit IKA ITS tersebut pastilah memiliki kebanggaan dalam hatinya, dan akan menceritakannya pada rekan-rekan alumni ITS yang lainnya. Tolok ukur keberhasilan pelaksanaan Business Summmit IKA ITS adalah kehadiaran nara sumber & peserta. Nara sumber yang diundang yaitu Wapres DR Boediono hadir dalam membuka pelaksanaan Business Summit IKA ITS 2010. Bahkan kehadiaran Wapres DR. Boediono harus disertai garansi dari panitia bahwa ada jaminan seluruh kursi terisi penuh. Pihak protokol Wapres 1,5 jam sebelum acara pembukaan sudah datang dan melakukan inspeksi apakah benar-benar kursi terisi penuh, karena jika target peserta kurang maka Wapres tidak jadi membuka di lokasi acara Hotel Ritz Carlton SCBD Sudirman. Untunglah kerja keras panitia yang didukung oleh berbagai pihak IKA ITS dan ITS berhasil membuat kursi terisi seluruhnya, bahkan panitia harus menyiapkan kursi tambahan diluar ruangan. Rektor ITS sendiri mengerahkan 40 orang  yang terdiri atas pembantu rektor, Dekan dan pembantu dekan, Ketua Jurusan dan beberapa anggota Senat ITS untuk menghadiri acara ini.

Dari sisi kepesertaan, lebih dari 500 undangan menjejeli ruangan Ballroom Hotel Ritz Carlton 30 menit sebelum acara pembukaan dimulai. Keberhasilan dari sisi kepesertaan tidak hanya peserta dari keluarga besar alumni ITS semata, namun undangan ke lembaga organisasi bisnis/profesi, perguruan tinggi lain serta ikatan perguruan tinggi lainnya juga hadir dalam acara ini. Kadin Indonesia mengirimkan Wakil Ketua Umum Bidang Konstruksi dan Konsultasi, Soeharsojo yang juga merupakan Ketua Umum GAPENSI untuk hadir, terlihat juga perwakilan dari HIPMI dan lainnya. Kontribusi peserta dari non keluarga alumni ITS mencapai +/- 15%, hal ini nampak pada saat dinyanyikan lagu Hymne ITS (MC mempersilahkan alumni ITS untuk berdiri), lebih dari 70 peserta tidak berdiri, yang artinya bukan alumni ITS.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP IKA ITS, DR. Ir. Dwi Soetjipto menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Wapres Prof Dr. Boediono yang telah berkenan membuka acara Business Summit IKA ITS 2010. Acara ini, kata Dwi merupakan wujud kontribusi IKA ITS bagi pembangunan bangsa Indonesia sesuai amanat AD-ART IKA ITS. Acara ini akan diselenggarakan setiap tahun dengan lingkup yang lebih luas lagi. Pada sambutan dan laporannya, Dwi Soetjipto juga melaporkan highlight kegiatan IKA ITS semenjak dirinya terpilih dalam Kongres Alumni ITS tahun 2007, yang intinya adalah melaporkan tahapan-tahapan konsolidasi dan Renstra IKA ITS setiap tahunnya. Beberapa kegiatan yang dilaporkan oleh Ketua Umum PP IKA ITS adalah pembuatan media informasi yang terintegrasi antara bottom line & upline, yaitu Majalah, Newsletter dan Website www.alumniits.com dalam edisi bahasa Indonesa dan bahasa Inggris. Penyiapan infrastruktur IKA ITS berupa sekretariat dan dana abadi, kegiatan partisipasi sosial seperti bantuan gempa Jabar, gempa sumber, Situ Gintung dll. Kegiatan bersama dengan IKA ITS dan organisasi lainnya seperti pemberian sepeda untuk sekolah bagi anak yang tidak mampu, penghijauan Kali Jagir Surabaya dan lainnya. Setelah kegiatan Business Summit ini, dalam waktu dekat akan dilaksanakan kegiatan “Young Alumni ITS Leadership dan Management Program” sebagai penyiapan generasi penerus dilingkungan ITS dan menjadi calon pemimpin masa depan di Indonesia. Database adalah hal yang sangat penting, dan PP IKA ITS telah membangun database berbentuk portal terintegrasi dengan promosi pengembangan ketenagakerjaan alumni ITS yaitu www.facealumni.com

Dalam sambutannya Wapres Prof. Dr. Boediono mengucapkan selamat dan sukses serta memberikan apresiasi yang sangat baik atas inisiatif dari IKA ITS untuk penyelenggaraan kegiatan ini dan mengharapkan dapat terus diselenggarakan pada masa mendatang. Telah banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh IKA ITS, untuk yang bersifat bencana dapat ditingkatnya kontribusinya untuk mengkaji bagaimana untuk peran sebelum terjadinya bencana, sehingga IKA ITS dapat berperan dalam pengkajian teknologi dan ilmu yang mampu memberikan early warning sehingga dampak bencana tidak besar, karena Indonesia berada di daerah yang merupakan sumber bencana. Kemajuan suatu negara akan terlihat dari kontribusi kalangan bisnisnya pada pembangunan, untuk hal ini Indonesia masih tertinggal dari negara lain, semakin banyak kalangan wirausaha, maka akan semakin maju negara tersebut. Untuk itu penting semangat dan pendidikan entrepreneurhsip sudah ditanamkan semenjak menjadi mahasiswa. Di negara lain ada sinergi yang positif antara negara, industri dan perguruan tinggi. Peran perguruan tinggi tidak hanya mengajar (teach) semata namun menjadi sumber research bagi pengembangan teknologi. 

Penutupan Business Summit dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum Ir. Joko Kirmanto (direncanakan ditutup oleh Mendiknas sekaligus Ketua Senat IKA ITS Prof. DR. Muhammad Nuh, karena beliau masih di istana negara, maka Rektor ITS berhasil menyakinkan Menteri PU untuk menutup Business Summit). Dengan nada santai Menteri PU memulai sambutan penutupan, bahwa beliau ditodong oleh Rektor ITS untuk memberikan sambutan penutupan. Jadi Menteri PU bertugas 2 kali, sebagai narasumber yang sudah ada TORnya dan penutupan yang tidak ada TORnya. Menteri PU menyampaikan, bahwa dirinya lebih sering hadir di acara ITS dibandingkan di acara almamaterya (UGM), karena ITS sering sekali mengundang menteri PU dan pasti menteri PU hadir. Kehadiran menteri PU yang sangat sering di acara ITS menunukkan jalinan komunikasi yang baik antara Rektor ITS dan menteri PU. Hal yang sangat membanggakan adalah Menteri PU mengakui bahwa kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan oleh IKA ITS, tentu ini suatu hal yang luar biasa.

Sebelum penutupan dibacakan Rekomendasi dari Panitia Pengarah, Ir. Widodo Santoso (Plt Direktur Utama PT Semen Padang), yang membacakan pokok-pokok rekomendasi dan dalam waktu dekat akan menyampaikan secara resmi kepada Pemerintah. Pokok rekomendasi ini bisa di download di fitur download (bottom page) www.alumniits.com.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana , Ir. Sugiharto, MM setelah penutupan mengungkapkan kegembiraan atas kesuksesan acara ini, dan salut atas kontribusi seluruh panitia yant terlibat. Wajahnya selalu tersenyum dan hal ini berbeda dengan 2 minggu sebelum pelaksanaan Business Summit karena berbagai hal belum on target seperti sponsor, peserta dan kepastian pembicara. Mungkin dalam waktu 1 minggu semenjak pelaksanaan Business Summit, Ir. Sugiharto, MM yang akrab dipanggil Cak Sugik ini akan selalu terkenang dengan kesuksesan acara Business Summit