Fokus

Launching Kartu Alumni ITS – Kredit BNI

 

Luar biasa antusiasme tokoh-tokoh alumni ITS dan Pengurus Wilayah IKA ITS untuk menghadiri Penantanganan Kerjasama Perjanjian Kerjasama Kartu Alumni ITS – Kartu Kredit BNI di Hotel Bidakara, Jum'at 26 Maret 2010. Mantan Ketua Umum IKA ITS yang hadir Mustahid Astari, Moch. Jaelani, Kristiono dan secara keseluruhan acara ini dihadiri lebih dari 60 alumni senior.

 

Setelah penandatanganan MOU pada bulan Nopember 2009, dibutuhkan waktu 3 bulan untuk realisasi sekaligus launching Kartu Alumni ITS – Kartu Kredit BNI. Menurut Ketua Tim Negoisasi, Arief Boediono lamanya waktu ini dikarenakan perlunya disiapkan dokumen legal IKA ITS sebagai acuan bagi BNI untuk mengantisipasi hal-hal terkait dengan konflik organisasi, penyiapan data alumni serta pembahasan internal di BNI yang memang membutuhkan waktu karena banyak divisi yang terkait. Yang penting adalah, Alumni ITS saat ini sudah memiliki identitas organisasi sebagai anggota yaitu Kartu Alumni ITS. Manfaat bagi pemenang kartu ini sama dengan kartu Kredit yang diterbitkan oleh BNI yang lain, namun bagi alumni ITS maka dengan memiliki Kartu Alumni ITS – Kredit BNI maak alumni ITS akan menyumbangkan dana bagi pengembangan organisasi IKA ITS. IKA ITS mendapatkan 50% annual fee dan 0,3% fee dari setiap transaksi. Semakin banyak alumni ITS menggunakan maka secara tidak terasa akan semakin banyak kontribusi dana bagi organisasi IKA ITS. Perlu diingat tidak ada sumbangan/potongan atas nama IKA ITS, tetapi IKA ITS mendapatkan sebagian pemasukan yang harusnya menjadi hak BNI. Setelah launching ini akan dilakukan koordinasi teknis dari Tim IKA ITS dan Tim BNI untuk bagaimana mendelivery program ini kepada alumni ITS dan kemudahan-kemudahan aplikasi serta kemana alumni ITS menghubungi/berminat terhadap Kartu Alumni ITS ini.

Penandatanganan PKS ini dilakukan oleh Ketua Umum PP IKA ITS, DR. Ir. Dwi Soetjipto dan Direktur Konsumer BNI Achmad Baiquni, menjadi saksi adalah GM Kartu kredit BNI dan Pak Lukman Mahfoeds serta Pak Prof. Eko Budijatmiko (PR 4 yang mewakili Rektor ITS). Dalam sambutannya Pak Dwi Soetjipto menekankan bahwa kerjasama ini tidak akan berarti tanpa dukungan dari alumni ITS, dengan memiliki Kartu Alumni ITS – Kredit BNI maka secara tidak langsung telah memberikan kontribusi kepada IKA ITS. Sedangkan dalam sambutannya Direktur BNI menyampaikan, terima kasih atas kepercayaan IKA ITS bekerjsama dengan BNI sebagai salah satu penerbit Kartu Kredit terbesar di Indonesia dan dipercaya juga oleh beberapa IKA perguruan tinggi ternama seperti UI. Sedangkan dalam sambutannya PR IV ITS salah satunya menekankan telah terjadi sinergi antara tiga institusi yaitu IKA ITS, ITS dan BNI sehingga pengelolaan akan semakin memberikan manfaat.

Setelah acara resmi antara IKA ITS – BNI dilanjutkan dengan acara Alumni ITS Gathering 2010, acara ini sangat informal dan berisi pengumuman informasi pencapaian dana abadi serta investasinya. Sedangkan dari pihak ITS mempresentasikan rencana acara ulang tahun emas ITS (dies natalis ke-50), sekaligus mengharapkan kontribusi dari alumni senior yang hadir untuk membantu pendanaan dari perusahaan masing-masing. Dalam sesi sharing dukungan kepada kegitan ulang tahun emas ITS, Cak Anas Rosyidi menekankan perlunya semua alumni ITS baik yang hadir maupun tidak hadir untuk berpartisipasi dengan mengibaratkan ITS sebagai ibu kandung yang sedang hamil tua dan membutuhkan bantuan. Sambil bercanda Cak Anas mengatakan, semua alumni ITS yang berhasil dan hadir saat ini tentunya tidak akan menjadi apa-apa jika bukan lulusan ITS. Cak Anas mengusulkan agar alumni yang hadir untuk menggalang bantuan per angkatan, serta bagi yang tidak hadir maka IKA ITS dan ITS mensosialisasikan penggalangan melalui website, milis dilakukan perangkatan serta mendata siapa saja per angkatan yang ditunjuk sebagai koordinator. 

Ide lainnya muncul dari Cak Aziz Bahalwan, dia mengusulkan supaya partisipasi tidak dibatasi oleh usia/status dan jangan kalah dengan cara penggalangan Mama Lauren. IKA ITS minta bantuan alumni ITS yang ada ditelekomunikasi untuk membuat aplikasi REG spasi 5050 dan setiap SMS yang dikirim bernilai Rp 5.000. Maka dengan cara ini, semua alumni ITS bahkan mahasiswa ITS akan berpartisipasi. Atas ide bagus ini, Cak Judi Achmadi dari Flexy PT Telkom menyatakan kesanggupannya untuk memfasilitasi, paling tidak di TELKOM Group.

Alumni yang menjadi top executive BUMN/BUMS yang hadir antara lain : Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa, PT Humpus Intermoda Chemical, Waskita Karya, Sekjen PU, Jasa Marga, TELKOM, WIKA, MEDCO, MKS Group dll.

Acara ini juga dijadikan sosialisasi program Young Alumni ITS leadership Program pada bulan Juli 2010 dan Program database alumni ITS dengan alamat www.facealumni.com yang rencana diluncurkan pada bulan Mei 2010.

Acara ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Cak Aziz Bahalwan.