Rabu, Oktober 23, 2019
BeritaBuku

Kemeriahan Futsal Alumni ITS Piala Dwi Soetjipto

SONY DSC

SONY DSC

Hiruk pikuk suara suporter berbagai Tim membahana di Lapangan Futsal Kirana Sport Bekasi pada hari Sabtu, 17 September 2016. Selain adu gocekan dan adu jebol gawang lawan, suporter turnamen Futsal Alumni ITS Piala Ketua Umum PP IKA ITS Dwi Soetjipto yang digelar dalam rangka mendorong antusiasme alumni muda ITS untuk berkumpul, membangun sinergi sejak dini dan mengenalkan organisasi IKA ITS, maka peran suporter menjadi sangat penting. Apalagi dengan gaya ITSan yang khas dengan teriakan dan semangat boneknya.

Pada turnamen pertama kali yang digelar diikuti oleh 8 Tim yaitu ITS AHM, ITS Mesin ITS, TIM ADM, Statistik Old Star, ITS Naval FC, ALTIUS dan ITS Mundak Makmur (Alumni ITS di IKPT). Total sekitar 100 pemain dan supporter tumpah ruah merampaikan gedung Futsal Kirana Sport Bekasi. Turnamen ini memperebutkan Piala bergilir Ketua Umum Pengurus Pusat IKA ITS Dwi Soetjipto dan hadiah total senilai Rp 4,5 juta yang masing-masing juara Pertama Rp 2 juta, juara Kedua Rp 1,5 juta dan juara Ketiga Rp 1 juta.

Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal PP IKA ITS Anas Rosjidi yang didampingi Wakil Sekjen Pembinaan Alumni Muda Arief Hermawan, Ketua Panitia Margo Suwono dan beberapa pengurus lainnya. Dalam sambutannya Anas menyampaikan “bahwa turnamen ini sebagai wujud kepedulian PP IKA ITS kepada alumni muda yang senang dengan olah raga khususnya futsal, sehingga inti dari turnamen ini adalah meningkatkan silaturahmi dan jejaring alumni ITS. Tentu harus dipupuk dan dipelihara, sehingga turnamen ini akan dilaksanakan setiap tahun”. Junjung tinggi sportivitas, jika ada benturan selama bermain harus sudah selesai di lapangan dan selesai bertanding menjadi guyub dan rukun kembali, kata Anas.

Margo Suwono menambahkan bahwa Turnamen ini kedepan akan ditingkatkan kepesertaannya, apalagi sudah ada aplikasi Alumni ITS (MIDA) yang akan memudahkan bagi alumni ITS mengetahui berbagai kegiatan yang diselenggarakan pengurus. Untuk mendorong pelaksanaan yang lebih baik di tahun mendatang, ada pemikiran untuk rutin mengadakan latihan futsal 2 minggu atau sebulan sekali. Karena dimasa mendatang direncanakan ada turnamen futsal antar alumni perguruan tinggi. Jika sejak alumni muda sudah saling kenal, maka 5 atau 10 atau 15 tahun mendatang jika mereka bertemu dalam suatu acara akan memudahkan sinergi antar alumni perguruan tinggi sehingga memberikan peran besar dalam membangun Indonesia.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Tim Statistik Old Star, dengan sebagian pemainnya berusia kepala 40 masih semangat bertanding melawan Tim yang jauh lebih muda. Sugeng Siswanto Kapten Tim Statistik Old Star mengatakan keikutsertaan tim ini bentuk lain dari motivasi ke alumni muda ITS dan menunjukkan alumni yang lebih senior tetap memberikan perhatian dan respek kepada alumni muda ITS yang akan meneruskan kiprah dan menorehkan nama alumni ITS yang harus di masyarakat.

Keluar sebagai juara pertama adalah Tim ITS Mundak Makmur (IKPT), juara Kedua Tim Alumni Muda Mesin ITS dan juara Ketiga Naval FC. Trophy dan hadiah diserahkan oleh Abdullah Hafidz (wakil bendahara umum) sekaligus menutup acara Futsal IKA ITS