Fokus

IKA ITS dukung pelaksanaan Eco Campus ITS

IKA ITS turut berpartisipasi pada acara Gugur Gunung 2 yang merupakan rangkaian kegiatan Eco Campus ITS. Gerakan dalam Eco Campus ITS merupakan upaya civitas akademika ITS turut berpartisipasi menyelamatkan lingkungan melalui gerakan hemat energi, penanaman pohon, pengolahan limbah dan lainnya. Kampus ITS saat ini menggunakan listrik dalam jumlah besar setara dengan tagihan Rp 500 jut/bln setara dengan efek rumah kaca sebesar 3.650.000 kg CO2/tahun, penggunaan air setara dengan Rp 300 juta/bln dan menghasilkan limbah sebanyak 150 kg/hari setara dengan menebang pohon sebanyak 108/bulan (1 ton kertas setara dengan 24 pohon).

Program Eco Campus ITS ini sejalan dengan program kerja Pengurus Pusat IKA ITS periode 2010-2015 Bidang Kepedulian Lingkungan Hidup, yaitu PP IKA ITS akan turut serta mensukseskan Eco Campus ITS. Program berikutnya adalah akan mengadakan sarasehan yang mengangkat thema Eksplorasi Permasalah Lingkungan Hidup di Indonesia serta mengadakan lomba Teknologi Ramah Lingkungan. Ketua Bidang Lingkungan Hidup PP IKA ITS 2010-2015 Ir. Qomaruddin memimpin delegasi IKA ITS yang berpartisipasi pada acara ini.

Pada acara Gugur Gunung 2 di Eco Campus ITS ditandai dengan penanaman 1.100 batang pohon, sehingga total pohon yang ditanam pada acara Gugur Gunung mencapai 6.100 pohon. Untuk membentuk tubuh yang sehat, sebelum acara Gugur Gunung 2 (G2) senam pagi masal antara civitas akademika ITS dan alumni ITS. Untuk selalu menjaga semangat kepedulian lingkungan, pada acara G2 ini juga menghadirkan pameran karya fotografi dengan tema Eco Campus. Pameran ini merupahkan hasil kerjasama dengan UKM Fotografi (UKAFO) ITS. Tak kurang 193 foto hasil karya 79 peserta kompetisi fotografi Nature In Art, dipajang apik. Potret ITS dan keterkaitannya dengan Eco Campus sengaja dihadirkan dalam jepretan frame kamera.

Dukungan kegiatan Eco Campus ITS ini adalah merupakan salah satu dari dukungan PP IKA ITS 2010-2015 dalam rangka mewujudkan ITS sebagai kampus yang ramah lingkungan (Green Campus) serta branding ITS sebagaimana dukungan yang diberikan pada acara Nggowes ITS Jakarta – Surabaya pada bulan Oktober – Nopember 2011