Fokus

IKA ITS & Konsorsium SUS bagi 1.000 sepeda di Babelan Bekasi

Sebagai bagian dari kegiatan pemberian pinjaman Sepeda Untuk Sekolah (SUS), setelah pelaksanaan kegiatan di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik pada awal tahun 2009, maka konsorsium SUS kembali membagi 1.000 sepeda di Babelan Bekasi. Konsorsium SUS saat ini terdiri atas Club Guru, IKA ITS, ILUNI, IA-ITB, Bike To Work, dan CBE. Pembagian sepeda di Babelan disponsori oleh Pertamina dengan 1.000 sepeda & Sinar Mas untuk pembiayaan kegiatan dan bingkisan

Pada hari Minggu, 14 Juni 2009 mulai pukul 06.30 ribuan siswa berkumpul di lapangan Marrakazh Square Babelan Bekasi. Ribuan orang juga berkumpul dengan berbagai identitas, yang antara lain sekedar mengantar anak, komunitas Bike To Work, perwakilan perusahaan Pertamina, perwakilan Sinar Mas, perwakilan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi, dan komunitas lainnya. Mereka tidak sedang menuggu Capres-Cawapres yang akan berkampanye, tetapi mereka rela menunggu pelaksanaan acara Pembagian Sepeda Untuk Anak Sekolah (SUS), sebagai wujud partisipasi anak bangsa dan perusahaan yang perduli pada pendidikan melalui program corporate social responsibility.

 

Dalam pembukaan acara, Ketua Panitia SUS Toto Sugito dari komunitas B2W menyampaikan bahwa pertama kali kegiatan ini di gagas oleh Mapala UI, dan dilakukan penyerahan sepeda di DI. Yogyakarta tahun silam. Gaung kegiatan ini terus bergulir dan mendapatkan respon yang luas dari berbagai komponen bangsa. Sedangkan dalam sambutannya sebagai sponsor utama kegiatan di Babelan Bekasi, Vice President Communication PT Pertamina Basuki Trikora Putra yang hadir mewakili Dirut PT Pertamina dalam sambutannya menyatakan bahwa untuk kegiatan di Babelan Bekasi ini, PT Pertamina menyumbangkan 1.000 sepeda utk dikelola oleh konsorsium. PT Pertamina terus berkomitmen untuk mendukung kegiatan ini sebagai bagian dari kegiatan CSR yang akan disinergikan dengan kegiatan CSR perusahaan di daerah operasi Pertamina. Sedangkan wakil Bupati Bekasi Darip Mulyana menyambut baik kegiatan Sepeda Untuk Anak Sekolah. Kegiatan ini sejalan dengan upaya Pemerintah untuk meningkatkan taraf pendidikan bagi masyarakat. Alokasi anggaran 20% di APBN akan berjalan efektif jika komponen masyarakat dan perusahaan berpartisipasi mengisi ruang-ruang pendidikan yang belum dicover oleh anggaran Pemerintah.

Menurut catatan redaksi, kegiatan SUS ini adalah yang ke-2 di tahun 2009. Kegiatan pertama dilaksanakan di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo pada bulan Januari 2009. Kegiatan SUS ini memiliki ciri khas menggandeng perusahaan di setiap lokasi acara, seperti pada saat pelaksanaan SUS di Gresik menggandeng PT Semen Gresik (Persero) sebagai sponsor utama yang menyediakan sepeda. Menurut PIC konsorsium SUS dari IKA ITS, Sdr Hamdani kegiatan serupa pada akhirnya nanti juga akan dilaksanakan di luar Pulau Jawa, sehingga keterlibatan Pengurus Wilayah IKA ITS akan sangat berarti baik dari sisi dukungan teknis personil yang terlibat ataupun membantu pendekatan pada perusahaan di mana alumni bekerja/tinggal. Pemberian sepeda bersifat pinjaman, setelah siswa lulus akan diberikan kepada siswa lainnya. Sehingga pada kurun waktu nanti akan ada akumulasi ribuan sepeda yang siap mengantar anak sekolah tidak mampu untuk bisa terus bersekolah.

(Denmas Arief)