Fokus

IKA ITS & Konsorsium sumbang sepeda untuk anak sekolah tidak mampu

Berdasarkan penelitian pada tahun 2005 oleh Organisasi Buruh Internasional (ILO), 4,18 juta anak usia sekolah di Indonesia ternyata putus sekolah dan menjadi pekerja anak. “Hasil penelitian terbaru kita, sebanyak 19 persen anak-anak di bawah 15 tahun tidak bersekolah dan lebih memilih untuk menjadi pekerja,” ujar Muhammad, Peneliti Senior ILO (dikutip dari www.tempointeraktif.com).

Survei yang dilakukan ILO mencakup 1.200 keluarga di lima provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Naiknya anggaran pendidikan menjadi 20% tidak serta merta menyelesaikan angka putus sekolah, karena harus dijabarkan secara operasional oleh Dinas di tingkat provinsi/kabupaten/kota.

Dalam rangka menekan angka anak putus sekolah yang diakibatkan mahalnya biaya transportasi, membantu anak usia dari latar belakang ekonomi lemah agar tetap dapat mengikuti pelajaran tanpa terganggu masalah transportasi, serta mendorong kebiasaan penggunaan kendaraan bebas emisi gas buang sejak awal di sekolah dan program hemat energi sejak dini.

Maka, IKA ITS bekerja sama dengan Konsorsium Sepeda Untuk Sekolah (ILUNI, Bike to Work, Klub Guru, Centre for the Betterment of Education) akan menyerahkan program bantuan SEPEDA UNTUK SEKOLAH bagi siswa/siswi SD/SMP dari latar belakang keluarga ekonomi lemah di Surabaya, Sidoarjo & Gresik, pada :

Hari/Tanggal : Minggu, 1 Februari 2009.
Waktu : 07.30 – 13.00 WIB
Tempat : Kampus ITS Sukolilo (untuk wilayah Surabaya & Sidoarjo)

Dan,
Hari/Tanggal : Minggu, 22 Februari 2009.
Waktu : 08.30 – 13.00 WIB
Tempat : Wisma Semen Gresik, Jl. Veteran, Gresik.

Program bantuan sepeda yang pertama sekali di lakukan di Jawa Timur ini rencananya akan di bagikan kepada 20 sekolah SD/SMP di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

Untuk acara di kampus ITS, akan di awali dengan bersepeda bersama komunitas Bike To Work (B2W) Surabaya, rencananya Walikota Surabaya, Bp. Bambang DH, sebagai salah satu anggota komunitas B2W Surabaya, akan ikut dalam konvoi sepeda yang finish di kampus ITS Sukolilo ini.

Bagi rekan-rekan alumni ITS yang hobby ber sepeda bisa ikut bergabung konvoi sepeda menuju ITS pada Minggu, 1 Februari 2009, Pukul 06.00. Start akan di mulai dari Taman Bungkul Surabaya, melewati Tunjungan Plaza, Grahadi, PangSud, Kayon, Biliton, Kertajaya dan Finish di Rektorat ITS.

Sesampai di ITS, konvoi akan di sambut dengan “sarapan pagi” khas surabaya, kemudian di lanjutkan dengan acara penyerahan sepeda secara simbolis oleh Ketua Umum PP IKA ITS, Rektor ITS, perwakilan konsorsium SUS, dan Walikota Surabaya kepada perwakilan Kepala Sekolah dan Siswa terpilih.

Diharapkan, setelah kegiatan ini berlangsung, IKA ITS (bersama IA ITB) bisa bergabung bersama ILUNI dll menjadi salah satu anggota konsorsium Sepeda Untuk Sekolah dan bersama-sama menjalankan program sosial “Sepeda Untuk Sekolah” ini di seluruh Indonesia.

Semoga program ini mendapatkan dukungan luas dari seluruh alumni ITS dan bisa kita laksanakan di setiap provinsi, khususnya luar jawa.

Bagi yang berkenan menyumbangkan sepeda (Rp. 550,000/sepeda) dan ingin mendapatkan Informasi lebih lanjut mengenai program ini menghubungi Departemen Hub. Antar Alumni Perguruan Tinggi dan Kelembagaan Kampus PP IKA ITS, Hamdani di alamat email: [email protected] atau Machsus di alamat e-mail : [email protected]